Inovasi Konten Multimedia Interaktif MOOC pada Mata Kuliah Penguasaan Desain UI/UX Berbasis Project Based Learning

Nur Kholifah, Wahyu Nur Hidayat, Tri Atmadji Sutikno, Hakkun Elmunsyah

Abstract


Memahami kebutuhan dan tren saat ini merupakan hal yang krusial bagi Software Engineering untuk dapat bersaing di dunia industri. Berbagai aspek harus dipertimbangkan dengan kebutuhan calon pengguna saat ini, termasuk dalam hal desain UI/UX yang merupakan aspek yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Sebagai komponen utama dari frontend, desain UI yang menarik dan memberikan UX yang jelas merupakan komponen yang paling penting dan tidak dapat dipisahkan dalam kualitas perangkat lunak dan kunci keberhasilan sebuah aplikasi. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dikembangkan materi khusus mengenai digitalisasi desain UI/UX secara digital dalam bentuk e-modul, video, infografis, podcast, dan mobile learning dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Perancangan media dilakukan dalam beberapa tahap dengan menerapkan 3 langkah dari model pengembangan 4D, yaitu define, design, dan develop. Hasilnya, media multimedia interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


UI/UX; multimedia interaktif; 4D; modul; video

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Buley, L., Natoli, J., 2024. The User Experience Team of One: A Research and Design Survival Guide. Rosenfeld Media.

Dörnyei, Z., 2020. Innovations and Challenges in Language Learning Motivation. Routledge, London. https://doi.org/10.4324/9780429485893

Febrita, Y., Ulfah, M., 2019. Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5.

Gunawan, R., Anthony, G., Vendly, Anggreainy, M.S., 2021. The Effect of Design User Interface (UI) E-Commerce on User Experience (UX), in: 2021 6th International Conference on New Media Studies (CONMEDIA). Presented at the 2021 6th International Conference on New Media Studies (CONMEDIA), pp. 95–98. https://doi.org/10.1109/CONMEDIA53104.2021.9617199

Ilham, H., Wijayanto, B., Rahayu, S.P., 2021. ANALYSIS AND DESIGN OF USER INTERFACE/USER EXPERIENCE WITH THE DESIGN THINKING METHOD IN THE ACADEMIC INFORMATION SYSTEM OF JENDERAL SOEDIRMAN UNIVERSITY. Jurnal Teknik Informatika (Jutif) 2, 17–26. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30

Johnson, J., 2020. Designing with the Mind in Mind: Simple Guide to Understanding User Interface Design Guidelines. Morgan Kaufmann.

Kusuma, D.A., 2020. DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF-REGULATED LEARNING) MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika 5, 169–175. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Nurwahidah, C.D., Zaharah, Z., Sina, I., 2021. MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 17. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Pratiwi, I.R., 2022. EFEKTIFITAS BLENDED LEARNING MELALUI LMS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DI POLITEKNIK [THE EFFECTIVENESS OF BLENDED LEARNING USING THE MOODLE LMS TO IMPROVE POLYTECHNIC STUDENTS’ SELF-REGULATED LEARNING IN MATHEMATICS COURSES]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 6, 29–42. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.5217

Ramadhani, M., Susanto, A.A., Mustofa, F., Tauda, V.S., 2022. Design and User Experience Evaluation of Bersii Android-based Mobile Application User Interface. MATICS: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Journal of Computer Science and Information Technology) 14, 41–49. https://doi.org/10.18860/mat.v14i2.16919

Saputra, A.M.A., Kharisma, L.P.I., Rizal, A.A., Burhan, M.I., Purnawati, N.W., 2023. TEKNOLOGI INFORMASI : Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Suratno, B., Shafira, J., 2022. Development of User Interface/User Experience using Design Thinking Approach for GMS Service Company. Journal of Information Systems and Informatics 4, 469–494. https://doi.org/10.51519/journalisi.v4i2.344

Sutcliffe, A., 2022. Designing for User Engagment: Aesthetic and Attractive User Interfaces. Springer Nature.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., Semmel, M.I., 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Tobing, G.B.R.L., Adinata, P.V., Pranatasari, F.D., Kristia, K., 2023. The Impact of Sales Promotion, User Interface and User Experience Design on Shopee App Users’ Repurchase Intentions. International Journal of Engineering and Management Sciences 8, 90–104. https://doi.org/10.21791/IJEMS.2023.027

Unger, R., Chandler, C., 2023. A Project Guide to UX Design: For User Experience Designers in the Field or in the Making. New Riders.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v33i1p80-89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats