Hubungan Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa S1 PTI Universitas Negeri Malang

Ulfatus Sa’diyah, Heru Wahyu Herwanto, Gres Dyah Kusuma Ningrum

Abstract


Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (PTI) sebagai calon guru harus memiliki minat menjadi guru agar dapat meningkatkan kualitasnya untuk menjadi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang profesional. Mahasiswa yang mempunyai minat menjadi guru memerlukan persepsi yang baik terhadap profesi guru. Selain itu, calon guru TIK juga harus mempunyai keyakinan dalam dirinya untuk mencapai suatu keberhasilan agar dapat mengajarkan ilmu yang telah didapatkan. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui: (1) deskripsi persepsi profesi guru, efikasi diri (self-efficacy) dan minat menjadi guru, (2) hubungan secara parsial antara persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru, dan (3) hubungan secara simultan antara persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Metode penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi PTI angkatan 2019-2021 Universitas Negeri Malang (UM) dengan jumlah 141 mahasiswa. Uji hipotesis menggunakan korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan persepsi profesi guru dalam kategori sangat tinggi, efikasi diri dalam kategori tinggi, minat menjadi guru dalam kategori tinggi. Secara parsial antara variabel persepsi profesi guru (X1 ) terhadap minat menjadi guru (Y) dan efikasi diri (X2 ) terhadap minat menjadi guru (Y) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Secara simultan antara persepsi profesi guru (X1), efikasi diri (X2 ) terhadap minat menjadi guru (Y) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan

Keywords


Persepsi profesi guru; efikasi diri; minat menjadi guru

Full Text:

PDF

References


Amri, K., Junaidi, J., 2021. Hubungan Persepsi Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Tentang Profesi dengan Minat Menjadi Guru. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran 3, 149–156. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.164

Dewi, C.K., Santosa, S., Jaryanto, J., 2020. Hubungan antara Persepsi Tentang Profesi Guru dan Efikasi Diri (Self Efficacy) dengan Minat Menjadi Guru Akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi 5. https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/39893

Ghozali, I., 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghufron, M.N., Risnawita S, R., 2017. Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Hidayah, S., Wulandari, R.N.A., 2022. Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6, 992–1004. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8815

Jannah, I.N., Sylvia, I., 2020. Hubungan Kelompok Teman Sebaya terhadap Gaya Hidup Hedonisme pada Mahasiswa. Jurnal Perspektif 3, 187–200. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i1.199

Khaerunnas, H., Rafsanjani, M.A., 2021. Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Nani, E.F., Melati, I.S., 2020. Peran Self Efficacy dalam Memediasi Motivasi, Persepsi Profesi Guru dan Gender terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal 9, 487–502. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39542

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., Salam, R., 2018. Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare 5, 1–6. https://doi.org/10.26858/ja.v5i1.6490

Prastiani, D.A., Listiadi, A., 2021. Pengaruh self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi UNESA. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi 6, 47–59. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5712

Rahmadiyani, S., Hariani, L.S., Yudiono, U., 2020. Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi 5, 10–23. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304

Septiara, V.I., Listiadi, A., 2019. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri dan Progam Pengelolaan Pembelajaran (PPP) terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi Unesa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30512

Sholichah, S., Pahlevi, T., 2021. Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 4, 187–194. https://journal-fip.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/1696

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sukma, A.N., Karlina, E., Priyono, P., 2020. Pengaruh Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Research and Development Journal of Education 1, 110–116. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7573

Syofyan, R., Hidayati, N.S., Sofya, R., 2020. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE) 10, 151–162. https://doi.org/10.24036/011103600

Wahyuni, D., Setiyani, R., 2017. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal 6, 669–683. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/20279




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v34i1p1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats