Pengembangan sumber belajar basis data bermuatan conceptual learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar

Azzhan Shahrul, muladi ., Triyana Widiyaningtyas

Abstract


Mata pelajaran basis data menunjang siswa untuk membangun, mengatur, dan memanipuasi data yang berupa informasi, gambar, video, audio, dan kombinasi dari yang disimpan dalam media elektronik dan diolah sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa pemahaman siswa dalam memahami pelajaran basis data masihlah rendah. 70% siswa merasa bahwa mata pelajaran basis data sulit untuk dipahami. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sumber Belajar berupa Modul Ajar dengan muatan Conceptual Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar pada Siswa. Sumber belajar ini dikembangkan dengan menggunakan Model Pengembangan Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Hasil kelayakan dari ahli materi yaitu 81%, validasi ahli media 87,5%, hasil uji coba memperoleh presentase sebesar 87.9%, Peningkatan pemahaman konsep siswa mendapatkan nilai post test lebih tinggi 53% dari rata-rata nilai pre test, dan kemandirian belajar mendapat rata-rata sebesar 82.04%.


Keywords


Pengembangan, Sumber Belajar, Basis Data, Conceptual Learning

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Siswa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arends, Richard I. 2007. Learning to Teach.Boston: McGraw-Hill.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Teknologi Instruksional. Jakarta: Ditjen Dikti, Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2010. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Research & Development”. Bandung: Alfabeta

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer

Fathansyah. 2002. Buku Teks Ilmu Komputer Basis Data. Bandung: Informatika.

Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta.

Mulyana, Deddy. 2007. Conceptual Learning. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Hahn Ulrike & Ramscar Michael.2001. Similarity and Categorization. Oxford: OUP Oxford.

Hung, W. 2006. The 3C3R Model: A Conceptual Framework for Designing Problems in PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, (1), 55-77. Dari http://doi.org/10.7771/1541-5015.1006.

Kadir, Abdul. 2003. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Andi.

Liliawati Winny & Puspita Erna. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak diterbitkan.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada.

Mujiman, Haris. 2011.Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Solo: UNS Press.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva PRESS.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Seels, B. B., & Richey, R. C. 1994. Teknologi pendidikan definisi dan kawasanya.Washington, DC: Association for Educational Communications and Technology.

Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. GramedianWidiasarana Indonesia.

Stephens R & Plew Ronald. 2000. Database Design. Indiana: Sams Publishing.

Sukarno, Anton. 1989. Ciri-Ciri Kemandirian Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tirtarahardja, Umar dan Sulo, La. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, B. Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Wina, Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zacks, J. M., & Tversky, B. 2001. Event Structure in Perception and Conception. Psychological Bulletin, 127, 3-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v28i1p25-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats