Peningkatan Hasil Belajar Materi Kegiatan Ekonomi melalui Media Lectora Inspire pada Siswa Kelas IV SDN Karangtengah 1 Blitar

Shella Agditianingrum, Suhel Madyono, Suminah Suminah

Abstract


The purpose of this study is to find out how to use Lectora Inspire learning media to improve social studies learning outcomes in economic activity material for grade IV students of SDN Karangtengah 1 Blitar City. This type of research used in this research is classroom action research. The results of this study are Lectora Inspire learning is very helpful for learning for teachers and students. Lectora Inspire learning media can also improve student activities and learning outcomes.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran Lectora Inspire sangat membantu untuk pembelajaran bagi guru maupun siswa. Media pembelajaran Lectora Inspire juga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


Keywords


learning outcomes; IPS; lectora inspire learning media; hasil belajar; IPS; media pembelajaran lectora inspire

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2010).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. (2013).Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriani, F. P., & Suminah, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Model Make A Match di Kelas IV SDN II Aryojeding Kabupaten Tulungagung. Wahana Sekolah Dasar; 25 (2), DOI - 10.17977/Um035v25i22017p035.

Febrianto, Arip. (2013). Pemanfaatan Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar FIQH (Memahami Hukum Islam Tentang Kepemilikan Siswa Kelas X MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kajijaga.

Mas’ud, Muhammad. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan. (2013). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Lampiran Nomor 24 Tahun 2016 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sukmadinata, Syaodih, Nana. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suminah. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Inkuiri Sosial (Social Inquiry) Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial di SD. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Zainuddin. (2012). Membentuk Karakter Anak Bangsa. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v28i12020p019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Shella Agditianingrum, Suhel Madyonon, Suminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats