Pengembangan LKPD Berbasis Swishmax Materi Peristiwa Mengisi Kemerdekaan dengan Penguatan Karakter Tanggung Jawab di Kelas V

Fajar Habib Krismon, Mohammad Zainuddin, Arda Purnama Putra

Abstract


The study aims to produce a Swishmax -based Student's Activity Sheets on event material fill independence with a character reinforcement worthy responsibility used as material teaching of  ips content of event material fills independence. This research and development uses the model Dick and Carey. Product feasibility testing is performed by material experts, media experts, and users. Then the field trials were carried out to students at SDN Mojoagung V. Based on validation and material, media and user tests. Material validation reaches a rate of 100% of validity and a media validation of  91%. In terms of practicality reach 100% of the users are teachers of class V and 100% of students.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Swishmax pada materi peristiwa mengisi kemerdekaan dengan penguatan karakter tanggung jawab yang layak digunakan sebagai bahan ajar muatan ips materi peristiwa mengisi kemerdekaan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Dick and Carey. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna. Kemudian uji coba lapangan dilakukan kepada siswa kelas V SDN Mojoagung. Berdasarkan uji kevalidan materi, media, dan pengguna. Validasi materi mencapai tingkat kevalidan 100% dan validasi media 91%. Sedangkan dari segi kepraktisan mencapai 100% dari pengguna yaitu guru kelas V dan 100% dari siswa.


Keywords


student's activity sheets, independence fill event material, swishmax, LKPD, materi peristiwa mengisi kemerdekaan, swishmax

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2009). Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional.Yogyakarta: Power Books.

Fredy, B. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Swishmax-4 pada Materi Gerak Melingkar Beraturan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang, 3.

Kholifah, S. (2016). The Development of Learning Video Media Based on Swishmax and Screencast O-Matic Software through Contextual Approach. Dinamika Pendidikan, 11(1), 50–55.

Mahanani, P., Putra, A. P., & Kristianingsih, K. (2018). Analysis of the Influence of Understanding the Pancasila Values of Teachers on Learning in Elementary School. 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018). 168–172. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.37

Pradipta, K. R., Widjianto, M., & Purbo Suwasono, M. S. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia dengan Swishmax 4 pada Materi Kinematika Gerak Lurus untuk Siswa SMA.

Putra, A. P. et al. (2019). Interactive Multimedia Analysis in Thematic Learning: A Study of Practical Aspect. 5th International Conference on Education and Technology, ICET. https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987218

Kemdikbud. (2007). Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Sekretariat Negara.

Saddhono, K., Satria, E., Erwinsyah, A., & Abdullah, D. (2019). Designing SwiSH Max Learning Software Based of Multimedia. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1), 12032. IOP Publishing.

Sukma, A. P., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment dengan Pendekatan Metaphorical Thinking dengan Swish Max. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 81–89

Tegeh, I Made, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umaisaroh, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Swishmax dengan Pendekatan Saintifik untuk Membantu Belajar Mandiri dalam Pemahaman Konsep Gerak Melingkar. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v28i22020p068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fajar Habib Krismon, Mohammad Zainuddin, Arda Purnama Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats