Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Ide Pokok Paragraf melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas IV

Umi Fadhilah, Sutansi Sutansi, Mohammad Zainuddin

Abstract


This study aims to improve learning outcomes to find key paragraph ideas through the CIRC model. Type of classroom action research. Through 4 stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that teacher activity increased from the first cycle of 88.5% to 100%. Student activities increased from 80% to 92%. Learning outcomes of knowledge aspects in the first cycle to the second cycle experienced an increase in classical learning completeness from 74% to 94.5%. It can be concluded that the CIRC model can improve student learning outcomes.

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui model CIRC. Jenis penelitian tindakan kelas. Melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari siklus I yaitu 88,5% menjadi 100%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 80% menjadi 92%. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal dari 74% meningkat menjadi 94,5%. Dapat disimpulkan bahwa model  CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


improvement of learning outcomes, paragraph main ideas, CIRC models, peningkatan hasil belajar, ide pokok paragraf, model CIRC

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, A, 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Permendikbud No 22 Tahun 2016.Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (online), (http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/ 2009/09/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022.pdf), diakses diakses 24 November 2018

Seran, Fira Hernanda. 2017. Peningkatan Kemampuan Menemukan Menemukan Pokok Pikiran Dalam Paragraf Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition Pada Siswa Kelas IV SDN Beru 3 Kabupaten Blitar. (Skripsi). Universitas Negeri Malang.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v28i12020p034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Umi Fadhilah, Sutansi Sutansi, Mohammad Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats