Kesiapan Guru Sekolah dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) di Sekolah Dasar Kota Batu

Khusnul Khotimah, Muchtar Muchtar

Abstract


Substansi isi AKM pada dasarnya merupakan hal yang menyangkut kompetensi para personil di lembaga pendidikan (guru) yang secara teknis maupun akademis sudah dimiliki oleh para personil yang berpendidikan sarjana S1. Oleh karenanya, sebagai program yang dikembangkan selazimnya AKM sudah bisa dipahami oleh guru secara akademis. Sebab hal-hal substansial terkait dengan AKM sudah menjadi kajian-kajian teknis akademis di lembaga pendidikan tinggi yang menelurkan sarjana S1 pendidikan. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini, yaitu untuk menggambarkan kesiapan guru dalam menghadapi AKM di sekolah dasar Kota Batu – Jawa Timur dari segi kemauan dan kesiapan guru menyambut inovasi AKM serta dari segi kebiasaan melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan teknik survey. Survey dilakukan kepada 33 guru sekolah dasar negeri dan sekolah dasar swasta di Kota Batu – Jawa Timur. Secara persepsional guru telah siap untuk melaksanakan AKM, dengan prosentase 83 persen dari guru sekolah dasar negeri dan 76 persen dari guru sekolah dasar swasta.

Keywords


asesmen kompetensi minimal, guru, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Cahapay, M. B. (2020). Formulation of Undergraduate Teacher Education Core Competencies: A Harmonization Approach, international journal of social sciences, vol. 2, issue 2, pp. 593-608, 2020, DOI: 10.20319/pijss.2020.62.593608.

Christoph, J. N. (2009). Each One Teach One: The Legacy of Evangelism in Adult Literacy Education, sage journal, vol. 26, no. 1, 2009, pp 77-110, DOI: 10.1177/0741088308327478.

Hadi, S. (2019). Manajemen Personalia Pada Pendidikan Menengah. Jurnal Al-Amin; Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, vol 4, no. 2, 2019.

Khotimah, K. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, vol 3. no.11, 2018, pp 1488-1498.

Naz, F. & Murad, H.S. (2017). Innovate Teaching Has a Positive Impact on the Performance of Diverse Students, sage journal, October-December 2017:1-8, DOI: 10.1177/2158244017734022.

Oddone, K., Hughes, H., & Lupton, M. (2019). Teachers as Connected Professionals: A Model to Support Professional Learning Through Personal Learning Networks, international review of research in open and distributed learning, vol. 20, no. 3, July 2019, DOI: 10.19173/irrodl.v20i4.4082.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. (Online), (https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm2.pdf), 16 Desember 2020.

Serdyukov, P. (2017). Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it?, journal of research in innovative teaching & learning, vol. 10. no.1, 2017, pp 4-33, DOI: 10.1108/JRIT-10-2016-0007.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M, dkk, (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills, procedia – social and behavioral sciences 59 (2012) 110-116.

Unruh, G.G. & Alexander, W.M. (1970). Innovation in Secondary Education. London: Holt Rienharted Winston Inc.

Zhang, A., Olelewe, C. J., Orji, C. T., dkk. (2020). Effects of Innovative and Traditional Teaching Methods on Technical College Students’ Achievement in Computer Craft Practices, sage journal, October-December 2020: 1-11, DOI: 10.1177/2158244020982986.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v30i22022p50-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khusnul Khotimah, Muchtar Muchtar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats