Pengaruh Teknik Cross-line Berbasis Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas III Di MIN 2 Malang

Adinda Syofiatur Rohmah, Siti Mas'ula, Ni Luh Sakinah Nuraini

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan serta bagaimana teknik cross-line mempengaruhi kemampuan siswa untuk berhitung perkalian di kelas III MIN 2 Malang. Pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan siswa kelas III di MIN 2 Malang dengan total 64 siswa sebagai populasi penelitian. Pada penelitian ini, sampel terdiri dari 21 siswa dari kelas III B selaku kelas eksperimen dan 20 siswa dari kelas III C selaku kelas kontrol. Observasi, wawancara, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Uji t dan analisis regresi linier sederhana merupakan teknik analisis data yang digunakan. Kemampuan siswa untuk berhitung perkalian antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan dengan nilai 0,002. Variabel kemampuan berhitung perkalian dipengaruhi secara signifikan oleh variabel teknik cross-line, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis menggunakan JASP dan diperoleh hasil 0,006. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai 0,335 yang berarti memberikan pengaruh sebesar 33,5%.

Keywords


Kemampuan berhitung perkalian; pengaruh; teknik cross-line

References


Abari, M. ., Kareem, M. A., & Tyovenda, T. . (2022). The Effect of Japanese Multiplication on Pupils Interest in Mathematics. International Journal of Research Publication and Reviews, 3(May), 49–56.

Aini, N. N., Bahari, P. K., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Game Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas 3 SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 111. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6847

Alamsyah, N., Irawati, R., & Guru Sekolah Dasar, P. (2024). Penggunaan Metode Lattice untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 97–114. https://jurnaldidaktika.org

Amin, & Sumendap, Linda, Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.

Ardianik, A., & Hadi, U. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Dakonmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV SDN Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6677

Azizah, N. A., Amelia, A., Ghozalina, D. A., Aida, D. N., Ismatul, U., Demanda, K., Nisa, K., Setiawan, M. F., & Rahmasari, T. (2022). Matematika Di Era Disrupsi Peluang dan Tantangan. CV. Alinea Media Dipantara. https://www.google.co.id/books/edition/MATEMATIKA_DI_ERA_DISRUPSI_PELUANG_DAN_T/h2hhEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peran+matematika+dalam+bidang+pendidikan&pg=PA34&printsec=frontcover

Azizah, N., Fauzan, A., Lufri, & Arnawa, M. (2021). Developing Learning Model Based on the PMR Approach to Improve Student’s Knowledge in Mathemathics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012045

Fasya, N. A., Nailufar, D. A., & Sutriyani, W. (2023). Efektifitas Penerapan Metode Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 2 Bugel. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(3), 85–100. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/Pendekar/article/view/287/250

Hasmyati, Mahmud, R., Hidayat, L., Jalal, N., Nurmawati, Buchori, S., Fakhi, N., Nihaya, M., Fakhri, R., Permatasari, D., Meliani, F., & Yanti, S. (2022). Pendidikan Inklusif. PT Global Eksekutif Teknologi.

Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika (B. Ramdhani (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270

Jediut, M., Jaiman Madu, F., & Mulu, M. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 115–121.

Khoirul‘Alim, F., Saputri, A. F., & Risqy, A. (2022). JAPANESE MULTIPLICATION METHODE (JAMED) SOLUSI PERKALIAN MASA KINI. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 43–47.

Maisarah, Fauzi, M. ., & Matondang, Z. (2019). Model Hands On Mathematics dan RME pada Kemampuan Kemampuan Pemahaman Relasional dan Mathematics Anxiety Anak Sekolah Dasar. CV Jakad Media. https://www.google.co.id/books/edition/MODEL_HANDS_ON_MATHEMATICS_DAN_RME_PADA/OXEyEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=model+hands+on+mathematics&pg=PT37&printsec=frontcover

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2788

Mas’ula, S., Aulia, F., Sujiatmoko, A. H., & Ahdhianto, E. (2023). Analysis of numerational literature capabilty problem solving elementary school students. AIP Conference Proceedings, 2805(1).

Nitasari, E. A. (2020). Penerapan Teknik Cros-Line Untuk Meningkatkan Keaktifan siswa dan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo Tahun 2019/2020. In IAIN Ponorogo (Vol. 21, Issue 1). IAIN Ponorogo.

Nur Ulwiyah, M. N. R. (2020). Penerapan Metode Garismatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto. Jurnal, 2(2), 1–30.

Nuraini, N. L. S., Cholifah, P. S., Mahanani, P., & Meidina, A. M. (2020). Critical Thinking and Reflective Thinking Skills in Elementary School Learning. Social Science, Education, and Humanities Research, 487(Ecpe), 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.001

Nuranifah, A., & Fuadah, F. A. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Talimatika Pada Konsep Perkalian Terhadap Siswa Kelas III SD. Proseding Didaktis: Seminar …. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2383%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2383/2208

Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, 53 1689 (2016).

Rizal, A. (2021). Keterampilan Siswa Menggunakan Metode Garismatika Pada Materi Perkalian di Kelas IV SDN Simpang Empat Kecamatan Kertak Hanyar. UIN Antasari Banjarmasin.

Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 85. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/1888

Syahrizal, I., Tumiyem, Sitompul, H. S., Hajar, H. A., Asriati, Widodo, H., Damanik, B., Wiramarta, H. G. K., Marlina, T., Hasyim, F., Aniati, & Nadirah, S. (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Pendidikan_Sekolah_Dasar_Sd/Y5mJEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kemampuan+berhitung+anak+sd&pg=PA115&printsec=frontcover




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v32i22024p68-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adinda Syofiatur Rohmah, Siti Mas'ula, Ni Luh Sakinah Nuraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats