Pengaruh Teknik Cross-line Berbasis Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas III Di MIN 2 Malang
Abstract
Keywords
References
Abari, M. ., Kareem, M. A., & Tyovenda, T. . (2022). The Effect of Japanese Multiplication on Pupils Interest in Mathematics. International Journal of Research Publication and Reviews, 3(May), 49–56.
Aini, N. N., Bahari, P. K., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Game Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas 3 SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 111. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6847
Alamsyah, N., Irawati, R., & Guru Sekolah Dasar, P. (2024). Penggunaan Metode Lattice untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 97–114. https://jurnaldidaktika.org
Amin, & Sumendap, Linda, Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.
Ardianik, A., & Hadi, U. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Dakonmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV SDN Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6677
Azizah, N. A., Amelia, A., Ghozalina, D. A., Aida, D. N., Ismatul, U., Demanda, K., Nisa, K., Setiawan, M. F., & Rahmasari, T. (2022). Matematika Di Era Disrupsi Peluang dan Tantangan. CV. Alinea Media Dipantara. https://www.google.co.id/books/edition/MATEMATIKA_DI_ERA_DISRUPSI_PELUANG_DAN_T/h2hhEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peran+matematika+dalam+bidang+pendidikan&pg=PA34&printsec=frontcover
Azizah, N., Fauzan, A., Lufri, & Arnawa, M. (2021). Developing Learning Model Based on the PMR Approach to Improve Student’s Knowledge in Mathemathics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012045
Fasya, N. A., Nailufar, D. A., & Sutriyani, W. (2023). Efektifitas Penerapan Metode Cross-Line Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 2 Bugel. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(3), 85–100. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/Pendekar/article/view/287/250
Hasmyati, Mahmud, R., Hidayat, L., Jalal, N., Nurmawati, Buchori, S., Fakhi, N., Nihaya, M., Fakhri, R., Permatasari, D., Meliani, F., & Yanti, S. (2022). Pendidikan Inklusif. PT Global Eksekutif Teknologi.
Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika (B. Ramdhani (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Jediut, M., Jaiman Madu, F., & Mulu, M. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 115–121.
Khoirul‘Alim, F., Saputri, A. F., & Risqy, A. (2022). JAPANESE MULTIPLICATION METHODE (JAMED) SOLUSI PERKALIAN MASA KINI. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 43–47.
Maisarah, Fauzi, M. ., & Matondang, Z. (2019). Model Hands On Mathematics dan RME pada Kemampuan Kemampuan Pemahaman Relasional dan Mathematics Anxiety Anak Sekolah Dasar. CV Jakad Media. https://www.google.co.id/books/edition/MODEL_HANDS_ON_MATHEMATICS_DAN_RME_PADA/OXEyEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=model+hands+on+mathematics&pg=PT37&printsec=frontcover
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2788
Mas’ula, S., Aulia, F., Sujiatmoko, A. H., & Ahdhianto, E. (2023). Analysis of numerational literature capabilty problem solving elementary school students. AIP Conference Proceedings, 2805(1).
Nitasari, E. A. (2020). Penerapan Teknik Cros-Line Untuk Meningkatkan Keaktifan siswa dan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo Tahun 2019/2020. In IAIN Ponorogo (Vol. 21, Issue 1). IAIN Ponorogo.
Nur Ulwiyah, M. N. R. (2020). Penerapan Metode Garismatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto. Jurnal, 2(2), 1–30.
Nuraini, N. L. S., Cholifah, P. S., Mahanani, P., & Meidina, A. M. (2020). Critical Thinking and Reflective Thinking Skills in Elementary School Learning. Social Science, Education, and Humanities Research, 487(Ecpe), 1–5. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.001
Nuranifah, A., & Fuadah, F. A. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Talimatika Pada Konsep Perkalian Terhadap Siswa Kelas III SD. Proseding Didaktis: Seminar …. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2383%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2383/2208
Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, 53 1689 (2016).
Rizal, A. (2021). Keterampilan Siswa Menggunakan Metode Garismatika Pada Materi Perkalian di Kelas IV SDN Simpang Empat Kecamatan Kertak Hanyar. UIN Antasari Banjarmasin.
Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 85. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/1888
Syahrizal, I., Tumiyem, Sitompul, H. S., Hajar, H. A., Asriati, Widodo, H., Damanik, B., Wiramarta, H. G. K., Marlina, T., Hasyim, F., Aniati, & Nadirah, S. (2022). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Pendidikan_Sekolah_Dasar_Sd/Y5mJEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kemampuan+berhitung+anak+sd&pg=PA115&printsec=frontcover
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v32i22024p68-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adinda Syofiatur Rohmah, Siti Mas'ula, Ni Luh Sakinah Nuraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats