Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Melalui Model Quantum Learning Tipe TANDUR

Iis Sugiati, M. Zainuddin, Yuniawatika Yuniawatika

Abstract


This study discusses the improvement of multiplication learning outcomes and fractional division through the model of Quantum Learning type TANDUR class V SDN Babadan 01 Kabupaten Blitar. This study uses a classroom action research method . In cycle I the average value of teacher activity is 81.82% and in cycle II there is an increase to 100%. The value of student activity in the first cycle was 79.62% and in cycle II the student activity increased to 92.93%. Meanwhile, the average value of student learning outcomes on pratindakan is 70 with 36.5% complete classical learning. In the first cycle the average value of student learning outcomes rose to 78.02 with the completeness of classical learning 67.24%, and on the second cycle average student learning outcomes to 90.52% with the classical learning completeness of 98.38%.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan melalui model Quantum Learning tipe TANDUR kelas V SDN Babadan 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 81,82% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 100%. Nilai aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 79,62% dan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 92,93%. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 70 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 37,5%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 78,02 dengan ketuntasan belajar klasikal 67,24%, dan pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 90,52.% dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 98,38%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model quantum learning tipe tandur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan melalui model Quantum Learning tipe TANDUR kelas V SDN Babadan 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 81,82% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 100%. Nilai aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 79,62% dan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 92,93%. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 70 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 37,5%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 78,02 dengan ketuntasan belajar klasikal 67,24%, dan pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 90,52.% dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 98,38%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model quantum learning tipe tandur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan.

Keywords


mathematics; learning outcomes; quantum learning; matematika; hasil belajar; model quantum learning

Full Text:

PDF

References


Akbar, Muhammad Salim. 2014. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Motivasi Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Elektronika di SMK NU Sunan Drajat Paciran Lamongan. (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id), diakses 23 Januari 2017.

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

De Porter, Bobbi. 2012. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Indrayati, Iin. 2014. Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Operasi Hitung Pecahan Kelas VII. (Online), 2 (1): 46, (https://www.google.co.id/url? Penerapan-Metode-Discovery-Untuk-Meningkatkan-Motivasi-Belajar-Siswa--Pada-Operasi-Bilangan-Pecahan-Kelas-VII), diakses 5 mei 2017.

Purwanto, (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Russ Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v27i12019p025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Iis Sugiati, M. Zainuddin, Yuniawatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats