METODE JOLLY PHONICS SEBAGAI ALTERNATIF STIMULASI KESIAPAN MEMBACA ANAK USIA DINI

Ike Dwiastuti

Abstract


Abstrak: Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Jolly Phonics  untuk menstimulasi kemampuan kesiapan membaca anak usia dini. Subjek berjumlah 28 siswa yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Evaluasi berupa pretest dan posttest mengenal huruf, dengan indikator kemampuan mengidentifikasi huruf dan kemampuan menyebutkan bunyi huruf. Perbedaan skor dianalisis menggunakan teknik statistik paired sample t test. Hasil penelitian disimpulkan metode Jolly Phonics efektif untuk menstimulasikesiapan membaca anak usia dini.

 

Kata-kata kunci: kesiapan membaca, metode jolly phonics, anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Finn, J.D. & Pannozzo, G.M. 2004. Classroom Organization and Student Behavior in Kinderganten. The Journal of Educational Research, 98 (2): 79-90.

Gunawan, A.W. 2003. Born to be a Genius. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hergenhahn, B.R., & Olson, M.H. 1993. An Introduction to Theories of Learning. USA: Prentice-Hall, Inc.

Kumara, A. 2010. Mengasah Keterampilan Membaca Pada Anak Melalui Belajar atau Bermain. Yogyakarta: UGM.

Lloyd, S. 2007. The Phonics Handbook: A Handbook of Teaching Reading, Writing and Spelling. London: Jolly Learning Ltd.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Piasta, S.B., Purpura, D.J., & Wegner, R.K. 2009. Fostering Alphabet Knowledge Development: A Comparasion of Two Instructional Approaches. Springer Science and Bisnis Media.

Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Seefeldt, C. & Wasik, B.A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Yusuf, M., Sunardi & Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problem Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi



Reference Manager : 

    

 

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.