PENGEMBANGAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN KERJASAMA PADA ANAK USIA DINI

Pravissi Shanti, Farah Farida Tantiani, Ike Dwiastuti

Abstract


Abstrak: Pengembangan permainan untuk meningkatkan ketrampilan kerjasama pada anak usia dini dimaksudkan agar anak-anak dapat bekerjasama mengingat saat ini lebih banyak kegiatan yang bersifat kompetisi. Pengembangan permainan ini menggunakan dua jenis permainan yang diberi judul “Kura-kura Raksasa” dan “Bola Menari” yang dilakukan pada 93 anak usia 5-6 tahun di kelas TK B, TK Pembina Malang. Permainan ini menggunakan alat-alat sederhana yang biasa ditemukan sehari-hari seperti selimut dan bola pantai. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa anak-anak dapat menampilkan rata-rata 3 sampai 4 indikator perilaku kerjasama ketika memainkan permainan tersebut. Selain itu, terdapat juga peningkatan indikator kerjasama dari permainan pertama ke permainan kedua. Hal ini menunjukkan bahwa dengan permainan sederhana seperti bermain kura-kura raksasa dan bola menari, anak-anak dapat mengembangkan nilai kerjasama.

Kata-kata kunci : permainan, kerjasama, ketrampilan, anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Essa, Eva. 1996. Introduction to Early Childhood Education 2nd-ed. United State of America: Delmar Publishers

Ningtyas, Dhita Paranita. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan “Estafet Keluarga Ikan” Pada Anak Kelompok B di PAUD Permata Bunda Blitar. http://library.um.ac.id/free-contents/download/pub/pub.php/53820.pdf. (di akses tanggal 2 September 2013)

Papalia, Olds, & Feldman. 2010. Human Development. New York : McGraw-Hill

Ridwansyah. (2012, Desember 12). Tawuran, Siswa SD dibawa ke Koramil. e-paper: http://metro.sindonews.com/read/696962/31/tawuran-siswa-sd-dibawa-ke-koramil-1355316252. diunduh 2 September 2013

Sakti, Galih. Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Metode Bermain Bola Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk Patianrowo. http://ejournal.unesa.ac.id/article/6352/19/article.pdf. (di akses tanggal 2 September 2013)

Seniati, Liche, Yulianto, dan Setiyadi. 2008. Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks

Seriati, Ni Nyoman & Hayati, Nur. Permainan Tradisiional Jawa Gerak dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. http://staf.uny.ac.id/site/default/files/artikel. (di akses tanggal 2 September 2013)

Tedjasaputra, M.S. (2001) Bermain, Mainan dan Permainan, Jakarta: Grasindo

Utama, Bandi. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Aspek Sosial Pada Anak Usia Dini. http://staf.uny.ac.id/site/default/files/penelitian. (di akses tanggal 2 September 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi



Reference Manager : 

    

 

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.