PELATIHAN CHARACTER BUILDING UNTUK PENINGKATAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA AKSELERASI

Ninik Setiyowati, Gamma Rahmita Rahmita, Diyah Sulistiyorini

Abstract


Abstrak : Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan karakter building untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian social siswa akselerasi. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen dengan one group pre test, post test design. Metode sampling yang dilakukan adalah purposive berupa siswa akselerasi kelas X, SMAN 3 MALANG berjumlah 18 orang. Dari uji validitas pearson product moment dan nilai reliability Alpha Cronbach 0.837. Treatmen yang dilakukan adalah 4 tahapan. 1) share work 2) transferring/peer teaching 3) daily journal 4) refleksi. Analisis dilakukan dengan non parametric wilcoxon test, nilai signifikansi 0.022. artinya bahwa pelatihan karakter building efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian social siswa akselerasi.

Dari hasil penelitian diatas disarankan untuk memperbaiki system perkembangan pendidikan pada anak akselerasi. keterlibatan orang tua, dalam hal ini pendampingan secara sistemik kepada orang tua agar mampu mendukung efektifitas perkembangan social anak sangat perlu dilaksanakan. Model pelatihan ini efektif untuk meningkatkan penyesuaian social anak akselerasi, sehingga bisa secara continue di tindaklanjuti sebagai kegiatan rutin dan terstruktur di sekolah sekolah yang menyelenggarakan program akselerasi.

 

Kata-kata kunci  : penyesuaian sosial, character building, akselerasi, wilcoxon test


Full Text:

PDF

References


Alsa, Asmadi. 2007. Keunggulan dan Kelemahan Program Akselerasi di SMA: Tinjauan Psikologi Pendidikan. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Fakultas Psikologi: Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Hurlock, E.B., Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan, Jakarta, Erlangga, 1994

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2011. Pendidikan Karakter: Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Novian. 2009. Kelas Akselerasi Rampas Kehidupan Sosial Anak. Jakarta: Kompas

Maslihah, Sri. 2011. Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro : Jurnal Psikologi Undip Vol. 10, No.2, Oktober 2011

Putri, Diah Sekar Ayu Rena,dan Alsa, Asmadi, dan Widiana, Herlina Siwi. 2005. Perbedaan sosialisasi antara siswa kelas akselerasi dan kelas reguler dalam lingkungan pergaulan di sekolah. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UAD, Fakultas Psikologi UGM, Fakultas Psikologi UAD Humanitas : Indonesian Psychological Journal Vol. 2 No.1 Januari 2005 : 28 – 40,

Triyono. 2013. Pendampingan psikologi peserta didik akselerasi : tinjauan psikologi konstruktivistik. Malang: Universitas Negeri Malang, (disampaikan dalam Sosialisasi Kurikulum 2013 pada tanggal 23 Agustus 2013)

Renzulli, Joseph. S. ____. The Three-Ring Conception of Giftedness at the Schoolwide Enrichment Model (SEM). Connecticut : University of Connecticut. (Diunduh dari www.gifted.uconn.edu pada tanggal 31 Agustus 2013)

Southern, W.Thomas & Jones, Eric D. 1991. The Academic Acceleration of Gifted Children. New York: Teachers College, Columbia University

Suharsimi arikunto. 2010. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v5i12015p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi






Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.