IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA PENDIDIKAN TINGGI: EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Ike Dwiastuti, Farah Farida Tantiani, Aryudho Widyatno, Moh. Irtadji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi proses implementasi metode
pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada pendidikan tinggi. Metode penelitian kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa dalam kelas mata kuliah psikologi belajar tahun
2018, berjumlah 72 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
tes prestasi. Data diambil setelah subjek diberi perlakuan metode pembelajaran PBL. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif-eksplanatif. Hasil tes prestasi menunjukkan bahwa hasil belajar
mengalami peningkatan. Hasil analisis deskriptif-eksplanasi menunjukkan bahwa pada awalnya
mahasiswa masih belum mampu untuk merepresentasikan masalah, belum dapat menggunakan teori
yang tepat untuk menganalisis kasus, dan belum dapat menyelesaikan persoalan yang diberikan.
Setelah adanya tambahan proses latihan pembelajaran kognitif tingkat tinggi (Higher Order
Tingking), mahasiswa menjadi lancar dalam melaksanakan proses PBL. Penelitian ini memaparkan
bahwa dalam PBL perlu adanya perencanaan yang matang, yaitu disesuaikan dengan karakteristik
dan pengalaman awal mahasiswa mengenai student active learning agar hasil lebih optimal.
Kata Kunci: evaluasi proses pembelajaran; mahasiswa; problem-based learning

 


References


Maudsley, G. (1999). Do we all mean the same thing by “problem-based learning”? A review of the concepts and a formulation of the ground rules. Academic Medicine, 74(2), 178–185. http://dx.doi.org/10.1097/00001888-199902000-00016

Newman, M. (2003). A pilot systematic review and meta-analysis on the effectiveness of problem-based learning. London: Campbell Collaboration Systematic Review Group. Retrieved from http://www.medev.ac.uk/static/uploads/resources/pbl_report.pdf

Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20.

Semiawan, C. (1999). Pendidikan Tinggi, Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Torp, L. & Sage, S. (2002). Problems as possibilities: Problem-based learning for K–16 education (2nd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Kontruksivisme: Teori dan Apikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Purbalingga: Alfabeta

Wulandari, B. & Surjono, H.D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 178-191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sains Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Reference Manager : 

    

 

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.