Pengaruh Brainwriting Berbasis Learning Management System (LMS) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa

Riza Aprilia Utama, Dedi Kuswandi, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mengaplikasikan model Brainwriting berbasis learning Management System (LMS) terhadap peserta didik kelas X SMK Ma’arif Kota Batu untuk membuktikan efektifitasnya pada pembelajaran menulis karangan teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Quasi Experimental Design). Desain yang diaplikasikan termasuk dalam non-equivalent control group design Posttest Only Control Group Design (POCGD) dengan sampel sebanyak 40 orang yang terbagi menjadi dua kelompok, (X RPL) sebagai kelompok eksperimen dan (X-TO2) sebagai kelompok kontrol.  Instrumen penelitian menerapkan tes tulis untuk mengukur hasil belajar menulis karangan teks eksposisi. Uji statistik alpha Cronbach, Kolmogorov-Smirnov, Levene Statistic, independent t-test yang diberdayakan dalam penelitian ini. Hasil uji statistik independent t test oleh 2 penilai menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dengan kesimpulan  ditolak dan  diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan ada pengaruh dengan diterapkannya  model brainwriting berbasis LMS terhadap kemampuan menulis karangan teks eksposisi.  


Abstract: This research applied the brainwriting model learning Management System (LMS)-based on students in class X SMK Ma'arif Kota Batu to prove its effectiveness in learning to write exposition text. The study method used is experimental (Quasi-Experimental Design). The design applied was included in the non-equivalent control group design Posttest Only Control Group Design (POCGD) with a sample of 40 people divided into two groups. X-RPL as an experiment group and X-TO2 as a control group The research instrument applied a written test to measure learning outcomes write essays text exposition. Cronbach's alpha statistic test, Kolmogorov-Smirnov, Levene Statistics, independent t-test were used in this study. The results of the independent t-test statistic test by 2 assessors showed Sig. (2-tailed) of 0,000 with the conclusion that is rejected and is accepted. Thus it can be concluded that there is an influence by the implementation of the LMS-based brainwriting model on the ability to write essays text exposition.


Keywords


Model Brainwriting; LMS learning management system; Teks Eksposisi

Full Text:

PDF

References


Aini, W. (2018). Pemanfaatan “Audiobook Teman Imaji” Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Tingkat Lanjut: Studi Tindakan Eksperimental terhadap Peserta Didik Kelas VII-B SMPN 28 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

American Speech Language Hearing Association. (2014). International communication project 2014. Retrieved from Www. Communication2014, Com.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih. (2014). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Az-Zahroh, S. F., Thaariq, Z. Z. A., Surahman, E., Widyasari, C. M., Qolbi, M. S., & Diana, R. C. (2019). Developing Ethic Game (Ethnomathematics Game): The Instructional Media of Culture Mathematics with Tringo by Ki Hadjar Dewantara. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 26(2), 43–50.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: BSNP.

Chaedar, A., & Alwasilah, S. S. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Choi, H., Jeon, Y., Park, H., & Nah, K. (2018). Collaborative workshop between client and agency for open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 4(1), 13.

Ennis, R. H. (2015). Critical thinking: A streamlined conception. In The Palgrave handbook of critical thinking in higher education (pp. 31–47). Springer.

Hasan, H. (2015). Kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4).

Irawati. (2018). Model Brainwriting Berbantuan Media Komik Tanpa Teks Dalam Pembeajaran Menulis Kreatif Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Parongpong Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1033–1042.

Kabassi, K., Dragonas, I., Ntouzevits, A., Pomonis, T., Papastathopoulos, G., & Vozaitis, Y. (2016). Evaluating a learning management system for blended learning in Greek higher education. SpringerPlus, 5(1), 101.

Keraf, G. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.

Kurnia, K. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X Iis-4 SMA Negeri 8 Makassar. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 72–84.

Lai, E. R. (2011). Collaboration: A literature review (Vol. 11). Pearson Publisher.

Lai, E. R., & Viering, M. (2012). Assessing 21st Century Skills: Integrating Research Findings. Pearson, 67.

Latipun. (2017). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Lee, S.-S., & Hung, D. (2012). Is There an Instructional Framework for 21st Century Learning? Creative Education, 3(4), 461–470.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Litbang Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran paradigma belajar abad-21. Jakarta: Kemdikbud.

Mednick, S. (1962). The associative basis of the creative process. Psychological Review, 69(3), 220.

Michalko, M. (2004). Permainan Berpikir (Thinkertoys). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktavia, W., Martono, M., & Wartiningsih, A. (2019). Penerapan Teknik Brainwriting Untuk Meningkatkan Menulis Wacana Narasi Pada Siswa Kelas Xi Tphp Smk. Tanjungpura University.

Oviansha, M. (2015). Teaching Writing by Combining Brain Writing Strategy And Quick Write Strategy for Senior High School Students”. Gramatika. Retrieved from http://www.jurnal.stkippgrisumbar.ac.id/

Paulus, P. B., & Nijstad, B. A. (2003). Group creativity: Innovation through collaboration. Oxford University Press.

Ramadhan, R., & Kasmansyah, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 5(2), 181–192.

Sangamitra, A., & Mohamed, S. H. (2016). Developing the writing skills in English of Students at College Level–AProcess Approach. International Journal of Applied Engineering Research, 11(1), 40–43.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suparno, & Yunus, M. (2003). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Suryana, S. (2017). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 2(1).

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Togatorop, E. (2015). Teaching writing with a web based collaborative learning. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(1S).

Zohrabi, M. (2013). Mixed Method Research: Instruments, Validity, Reliability and Reporting Findings. Theory & Practice in Language Studies, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riza Aprilia Utama, Dedi Kuswandi, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats