Pengembangan Bahan Ajar Exposition Text dan Informal Letter Berbasis Cooperative Learning

Ermadyah Retnowati, Marianus Subandowo, Retno Danu Rusmawati

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini, mendeskripsikan pengembangan bahan ajar bahasa Inggris tentang teks eksposisi dan surat informal untuk jenjang SMA kelas dua menggunakan model STAD dan TPS dari pembelajaran kooperatif, menjelaskan keterampilan-keterampilan pada Bahasa inggris dan kelayakan penggunaan ADDIE dari Research and Development (R&D) method yang terdapat lima langkah. Penilaian kualitas bahan ajar diperoleh dari peserta didik dan para ahli. Hasil dari ahli desain adalah 86%, ahli isi pembelajaran adalah 91% dan ahli media adalah 86%. Selanjutnya adalah penilaian untuk uji individu adalah 81%, kelompok kecil adalah 87% serta uji lapangan untuk bahan ajar adalah 87%. Dari penjelasan tersebut, menjelaskan bahwa bahan ajar bahasa Inggris tentang teks eksposisi dan surat informal untuk jenjang SMA kelas dua layak untuk peserta didik dan guru dalam lingkungan belajar dan mengajar.

Abstract: The purpose of this study has described the development of English teaching materials about exposition text and informal letters for second grade in Senior High School using STAD and TPS models of cooperative learning, described the skills of English language, and determined of using the ADDIE from Research and Development (R&D) method, which consisted of five research steps. The assessment of the quality of teaching materials was obtained from students and experts. The results from design expert were 86%, learning content expert was 91% and media expert was 86%. After that, the assessment for the individual test was 81%, small groups were 87% and the field test was 87%. From those explanations, it explained that English teaching materials about exposition text and informal letters for second-grade senior high school are appropriate for students and teachers in the learning and teaching environment.

 


Keywords


Pengembangan bahan ajar, keterampilan bahasa Inggris, pembelajaran kooperatif, Think Pair Share dan Student Team Achievement Division

Full Text:

PDF

References


Ahmada, A. (2019). The Effectiveness of Jigsaw Learning Model in Teaching Reading Comprehension on Narrative Text. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 258-268

Aini, I. N., Nyoto, A., & Irianti, A. H. S. (2020, February). The Development of Legha Sumenep Madura Bride Wedding Dress. In 2nd International Conference on Social, Applied Science, and Technology in Home Economics (ICONHOMECS 2019) (pp. 360-365). Atlantis Press.

Aniq, B., & Endang Karyaningrum, A. N. N. E. K. E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran TPS dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Pola Blus di SMKN 8 Surabaya. Jurnal Tata Busana, 7(2).

Arifin, M. Z., Muladi, M., & Mubarok, F. F. (2019). Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Jaringan Dasar untuk SMK kelas X semester II program keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan berdasarkan Kurikulum 2013. Tekno, 27(2), 125-132.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Dendup, T., & Onthanee, A. (2020). Effectiveness of Cooperative Learning on English Communicative Ability of 4th Grade Students in Bhutan. International Journal of Instruction, 13(1).

Fandy, F. A. (2019). Information Gap Activities Through Think Pair Share Cooperative Learning Model Strategy To Improve Students Speaking Ability. Language-Edu, 8(1).

Gustina, N. Peningkatan Kemampuan Listening Siswa melalui Media Audio-visual bagi Siswa SMPN 1 Mempura Kelas IX.5 dengan Menggunakan DVD (Digital Video Dics) Tahun Ajaran 2017/2018. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 13(2), 78-86.

Hanifah, Z., & Supriyadi, S. (2019). Implementing Collaborative Writing to Teach Writing for Non-English Major Students. International Journal of Language Teaching and Education, 3(2), 142-157.

Hapsari, E. W. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Statistika Praktikum Fakultas Psikologi. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(1), 31-44.

Hasyim, F. (2019). Cooperative Learning Approach to an English Academic Reading Course. Script Journal: Journal of Linguistics and English Teaching, 4(2), 147-160.

Himawati, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divison (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pdto Kelas X Jurusan Tkr Di SMKN 1 Singgahan-tuban. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(02).

Inayah, N., Zahra, I. K., & Noviati, T. A. (2020). Rudi (Rumah Diskusi) sebagai Upaya Inovatif dalam E-Learning. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2a), 506-513.

Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1-12.

Kuswandi, D., Thaariq, Z. Z. A., Ramadhani, L. R., Wijanarko, D. A., Hamudi, R. W. D., & Saga, M. N. A. (2020). Competencies of Educational Technology in Training for Teachers at Wahid Hasyim Junior High School, Malang, Indonesia. In 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (pp. 26-31). Atlantis Press.

Marashi, H., & Tabatabayi, Z. (2019). Student Teams Achievement Divisions and Think-Pair-Share: Which Works Better for Listening?. International Journal of Foreign Language Teaching and Research, 7(26), 27-40.

Muhammad, M., Amin, B., Ulfa, M., & Haikal, M. (2019). Use of Cooperative Learning Methods STAD Strategies to Improve students' Abilities in Qira'ah (Experimental Research in Ma'had al-Uluum ad-Diniiyati al-Islaamiyyati Samalanga). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(1), 38-49.

Najikhah, F. (2018). Pengembangan Buku Panduan sebagai Sumber Belajar untuk Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 75-86.

Nasution, A. S., & Rangkuti, D. E. S. (2019, February). Pengembangan Bahan Ajar Matematik Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pememcahan Masalah Siswa. In Prosising Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 2, No. 1, pp. 608-617).

Nasution, I. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika-FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 160-166.

Nuraenah, I., & Miarsyah, M. (2019, March). The correlation between English proficiency and reading comprehension with scientific literacy skills of senior high school student. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 243, No. 1, p. 012057). IOP Publishing.

Nurhayati, E., Nengsih, W., Rohaeti, E. E., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis Istimewa pada Segitiga dengan Pendekatan Problem Posing berbantuan Geogebra. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 54-65.

Purmadi, A., & Hadi, M. S. (2018). Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 135-140.

Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Khaliq, I., & Setiawan, J. (2020). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 6(2), 34-49

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110-124.

Saimun, S. (2019). Implementation of Cooperative Learning Type STAD In increasing student independence and learning outcomes. International Journal of Scientifis & Tekhnology Research.

Santoso, D. A. A., Muniroh, Z., & Akmaliah, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 181-194.

Saputra, A. E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Think Pair Share Berbantu E-Modul Bervideo terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMK. Senatik, 85-99.

Thaariq, Z. Z. A., Ramadhani, L. R., Kuswandi, D., Sinaga, M. N. A., Wijanarko, D. A., Hamudi, R. W. D., ... & Abednego, P. I. C. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Digital Bagi Peningkatan Kualitas Guru Di SMP Wahid Hasyim. E-Prosiding Hapemas, 1(1), 79-92.

Tran, V. D., Nguyen, T. M. L., Van De, N., Soryaly, C., & Doan, M. N. (2019). Does Cooperative Learning May Enhance the Use of Students' Learning Strategies?. International Journal of Higher Education, 8(4), 79-88

Ugwu, E. O. (2019). Effect of Student Teams-Achievement Divisions and Think–Pair–Share on Students’ Interest in Reading Comprehension. Journal of Educational Research and Practice, 9(1), 22.

Van Ryzin, M. J., Roseth, C. J., & Biglan, A. (2020). Mediators of effects of cooperative learning on prosocial behavior in middle school. International Journal of Applied Positive Psychology, 1-16.

Widyastuti, E. (2019, March). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Wulandari, N. (2019). Pengembangan Buku Saku Intensifikasi Bahasa Arab di IAIN Metro dengan Menggunakan Model ADDIE. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 165-178.

Yono, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Macromedia Flash Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), 44-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ermadyah Retnowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats