Model Pembelajaran IPS yang Menggunakan Unsur-Unsur Penting Kehidupan Nyata Masyarakat Sebagai Sumber Belajar

Dedi Kuswandi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengungkap dan mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan guru SD dalam merancang, mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran IPS yang menggunakan unsur-unsur pentingan kehidupan masyarakat sebagai sumber belajar. Pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara digunakan sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan temuan bahwa penggunaan unsur-unsur kehidupan nyata masyarakat dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa, penguasaan bahan belajar IPS, dan dapat mengembangkan pembiasaan, moral dan rasa percaya diri siswa.

Abstract: The purpose of this research is to reveal and describe the efforts made by elementary teachers in designing, developing and implementing social studies learning that uses elements of the interests of community life as a learning resource. A qualitative approach with observation and interview techniques was used as a data collection tool. The results showed the findings that the use of real-life elements of society can improve students 'critical thinking skills, mastery of social studies learning materials, and can develop students' habituation, morals and self-confidence.


Keywords


model pembelajaran; IPS; masyarakat; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Adiwikarta,S. 1998. Sosiologi Pendidikan: Isyu dan Hipothesis tentang Hubungan Pendidikan dan Masyarakat. Jakarta: P2LPTK Depdikbud.

Bogdan,R,C., dan Biklen, S.K. 1985. Qualitative Research for Education. New York: Allyn and Bacon Inc.

Depdikbud.1987. GBPP IPS SD Kelas V. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. 1990. Sistem Pendidikan Nasional, UUSPN No. 2/1989. Jakarta: Depdikbud.

Sumaatmadja, N. 1980. Metodologi Pengajaran IPS. Bandung: Alumni.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Edcomtech

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats