Peningkatan Keterampilan Mengajar Dosen Muda Melalui Lesson Study

Ence Surahman, Achmad Supriyanto

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk menguraikan hasil pengamatan penulis terhadap peningkatan keterampilan mengajar dosen muda Fakultas Ilmu Pendidikan melalui praktik Lesson Study. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan pengamatan pada setiap tahap plan, do dan see pada tiga siklus proses Lesson Study yang dilaksanakan. Lesson Study memugkinkan proses peningkatan keterampilan mengajar dosen muda. Hal itu terjadi sebagai hasil dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi pembelajaran yang dilakukan secara bersama-sama. Sehingga umpan balik dapat terjadi secara langsung dan otentik untuk perbaikan pembelajaran berkelanjutan. Kritik, saran dan masukan yang disampaikan oleh observer dapat membangkitkan kesadaran praktikan untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahannya dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran.

Abstract: This article aims to describe the author's observations on improving the teaching skills of young lecturers at the Faculty of Education through lesson study practice. The data collection method was carried out through observation at each stage of the plan, do and see stages in the three cycles of the Lesson Study process that were carried out. Lesson Study enables the process of improving the teaching skills of young lecturers. This happened as a result of the planning, implementation, and reflection of learning processes that were carried out together. So that feedback can occur directly and authentically for continuous learning improvement. Criticism, suggestions and input submitted by the observer can raise awareness of the practitioner to correct deficiencies and weaknesses in planning, implementing and assessing learning.


Keywords


Keterampilan mengajar; Pembinaan Dosen Muda; Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Agustina, M., Supriyanto, A., Burhanuddin. 2016. Keterlaksanaan KPL Dan Pembinaan Dosen Muda Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 12 Bulan Desember Tahun 2016 Halaman: 2327—2331.Tersedia secara online http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8287. EISSN: 2502-471X.

Hendayana, S., 2006. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press

Kustiandi, J., Megasari, R., dan Putri, R., D., 2017. Pendekatan Life Skill Berbasis Lesson Study Pada Mata Kuliah Statistik Inferensial. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 10 no 1 tahun 2017 halaman 68-74.

Putri, I., Atmazaki, R. Syahrul. 2013. Pelaksanaan Lesson Study Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.5 MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1, Februari 2013 Hal 108-117.

Slamet, T. I., Supriyanto, A. 2017. Building A Community of Inquiry (CoI) Through the Implementation of Lesson Study in Higher Education Level. Prosiding The 3rd International Conference on Education and Training. Diakses pada tanggal 28 November 2017. Tersedia secara online pada https://www.a tlantis-press.com/proceedings/icet-17/25883533.

Susilo, H., 2013. Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. http://sttaletheia.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Lesson-Study-Sebagai-Sarana-Meningkatkan-Kompetensi-Pendidik-herawati.pdf

Wahyuningtas, N., Ratnawati N., Adi, K., R. 2016. Membangun Kolegialitas Calon Guru IPS Melalui Lesson Study. Jurnal Sejarah dan Dunia Volum ke Sembilan No 2 hal 217-222 tahun 2016.

Widiadi, A., N. Utami, I., W., P., 2016. Praksis Lesson Study For Learning Community Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Menengah Pertama Melalui Kolaborasi Kolegial Guru Dan Dosen. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS. Vol.1 No.2 Oktober 2016 P ISSN 2503 – 1201, E ISSN 2503 – 5347.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ence Surahman, Achmad Supriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats