KAJIAN PEMANFAATAN FITUR DAN FASILITAS MOODLE DAN OFFICE-365 UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA TUTORIAL ONLINE

Adhi Susilo, Deddy Ahmad Suhardi

Abstract


E-learning merupakan singkatan dari electronic learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya Universitas Terbuka (UT) memiliki aplikasi e-learning yang di beri nama Tuton (tutorial online) Sistem pembelajaran jarak jauh yang di gunakan UT sekarang sangat membantu dosen dan mahasiswa dalam proses belajar dengan memanfaatkan teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini. Pada studi ini, kami mencoba menganalisis persepsi mahasiswa dan tutor dalam pemanfaatan fitur dan fasilitas Office 365 dalam tuton dan praktek online. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Tanggapan terhadap perlu tidaknya fitur dipengaruhi oleh usia, gender, pendidikan, pelatihan tuton, dan aktivitas tuton. Kecuali pada fasilitas konferensi online dan berbagi cerita digital, tanggapan terhadap perlu tidaknya fasilitas dipengaruhi usia, gender, pendidikan, pekerjaan, pelatihan dan atau aktivitas tuton. Oleh karena itu, rekomendasi yang kami ajukan adalah diperlukan adanya kegiatan yang dirancang untuk mencapai optimalisasi pembelajaran jarak jauh antara lain penguatan lingkungan tuton dan prakton, perlunya peningkatan kompetensi TIK staf akademik dan keterlibatannya dalam tuton/prakton, perlunya peningkatan kapasitas pelayanan prima kepada semua pemangku kepentingan UT dan pengembangan dan peningkatan pelatihan penggunaan aplikasi standar dalam Moodle dan Office365 agar bisa saling melengkapi.

References


Bates, T., & Sangra, A. (2011). Managing technology in higher education: Strategies for transforming teaching and learning. San Francisco: Jossey-Bass.

Brady, K. P., Holcomb, L. B., & Smith, B. V. (2010). Journal of Interactive Online Learning, 9(2), 151.

Cavus, N. (2013). Selecting a learning management system (LMS) in developing countries: instructors' evaluation. Interactive Learning Environments, 21(5), 419-437. doi:10.1080/10494820.2011.584321

Chung, C., & Ackerman, D. (2015). Student Reactions to Classroom Management Technology: Learning Styles and Attitudes Toward Moodle. Journal of Education for Business, 90(4), 217-223. doi:10.1080/08832323.2015.1019818

Desnica, E., Letic, D., & Navalusic, S. (2010). Techniques Technologies Education Management–TTEM, 5(2), 378.

Kudumovic, M., Kudumovic, D., Mesanovic, N., & Huremovic, E. (2010). HealthMED, 4(null), 158.

Lu, J., & Law, N. W. Y. (2012). Understanding collaborative learning behavior from Moodle log data. Interactive Learning Environments, 20(5), 451-466. doi:10.1080/10494820.2010.529817

Moore, M. (2013). The Handbook of Distance Education. 3rd edition.

Petrovic, N., Jeremic, V., Cirovic, M., Radojicic, Z., & Milenkovic, N. (2014). Facebook Versus Moodle in Practice. American Journal of Distance Education, 28(2), 117-125. doi:10.1080/08923647.2014.896581

Smith, B. V. (2009). Use of online educational social networking in a school environment (Vol. null).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats