PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK TENAGA KERJA INDONESIA DI MALAYSIA

Fatikhatun Najikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan pengembangan produk berupa buku panduan untuk
meningkatkan pengetahuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan tujuan Malaysia. Model yang digunakan
dalam penelitian ini adalah research and development (RnD) dari Thiagarajan. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner, observasi dan pre-posttest. Data yang diperoleh melalui analisis kebutuhan
dengan memberikan pretest, observasi, dan kuisioner. Validasi ahli dengan instrumen kuisioner untuk
menilai prototipe buku panduan oleh ahli media, ahli materi, dan TKI tersebut. Data kuantitatif diperoleh
dari hasil pretes dan postes kepada TKI dan kuisioner untuk validasi media dan respon dari TKI. Analisis
data kuantitatif
menggunakan desain pre-experiment dengan one group pretest-postest design. Hasil
penelitian menghasilakn sebuah desain dan produk buku panduan yang telah teruji efektivitasnya dalam
meningkatkan pengetahuan TKI.
Kata kunci : buku panduan, sumber belajar, tenaga kerja indonesia


References


AECT. (1986). Definisi teknologi pendidikan: satuan tugas definisi dan terminologi AECT (Terjemahan Yusufhadi Miarso). Jakarta: Rajawali.

Atwi Suparman. (2012). Desain instruksional modern. Jakarta:

Erlangga.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyususnan instrumen tes

dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

INPRES. (2006). Instruksi presiden republik indonesia nomor 6

tahun 2006, tentang kebijakan reformasi sistem penempatan

dan perlingdungan tenaga kerja Indonesia. Kementrian Tenaga

Kerja dan Transmigrasi. Indonesia.

Ismawardani, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Limbah Tapioka

Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal cakrawala pendidikan, februari 2015, th. Xxxiv, no. 1.

E-ISSN: 2442-8620.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational technology: A

definition with commentary.

Mahwah, NJ: Erlbaum. Kementrian Ketenagakerjaan. (2004).

Undang-undang republik indonesia nomor 39 tahun 2004 tentang

penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar

negeri. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan.

Mawarni, S. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata

kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk

mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan. Volume 4 No 1. April.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan.

Jakarta: Prenada Media.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Seels B, Rita C. Richey. (1994). Instructional technology: the

definition and domains of the field. AECT Washington DC.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of

expectional children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training

Institute/ Special Education, University of Minnesota.

Yulisanti, Ana. (2008). Bekerja sebagai desainer grafis. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats