PENGEMBANGAN KELAS DARING DENGAN PENERAPAN HYBRID LEARNING MENGGUNAKAN CHAMILO PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ary Purmadi, M. Samsul Hadi, Lu'luin Najwa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan produk dari LMS Chamilo yang dapat digunakan dalam mata kuliah pendidikan kewarganegaraan yang layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan uji alpha dan beta 2) Mengetahui keefektifan penggunaan produk dalam matakuliah kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D). Hasil kelayakan dari produk ini berdasarkan uji alfa (alpha test) pada ahli materi sebesar 3,25 yang termasuk ke dalam kategori “baik”, sedangkan pada ahli media sebesar 4,42 yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Pada pengujian beta (beta test) sebesar 3,93 yang termasuk kedalam kategori “baik”. Dari hasil uji kelayakan tersebut dapat dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi unsur layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar kognitif mahasiswa setelah menggunakan chamilo sebesar 10,13. Nilai rata-rata pretest 60,13 dan posttest 70,26 . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan chamilo telah efektif.


References


Alessi, S.M & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed.). Boston: Ally & Bacon A Pearson Education Company.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. (Ed Revisi VI.). Jakarta: Rineka Cipta.

Bibi, S. & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Vol 5 (1). 74-87.

Mulyani, Y.F., Praherdhiono, H. & Soepriyanto, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edcomtech. Vol. 2 (2). 155-160.

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal e-Learning Vol.5(3).195-206.

Surjono, Herman Dwi. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats