Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0

Faulinda Ely Nastiti, Aghni Rizqi Nimal Abdu

Abstract


Berkembangnya teknologi informasi saat ini merambah pada seluruh bidang kehidupan masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Pada era revolusi industri 4.0 diperlukan tiga literasi yaitu literasi data, literasi manusia, dan literasi teknologi. Pembelajaran di era revolusi 4.0 dapat menerapkan hybrid/blended learning dan Case-base Learning. Bahkan pendidikan dalam era society 5.0, memungkinkan siswa atau mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran berdampingan dengan robot yang sudah dirancang untuk menggantikan peran pendidik. Lantas bagaimana dengan sistem pendidikan di Indonesia? Tulisan ini mengkaji tentang kesiapan pendidikan Indonesia dalam menyambut era society 5.0. Dengan demikian, para pegiat dan stakeholder pendidikan mendapat gambaran tentang  urgensi hadirnya teknologi era society 5.0 dalam dunia pendidikan.

 

The development of information technology is currently reaching all areas of people's lives, including education. In the era of the industrial revolution 4.0 required three literacies namely data literacy, human literacy, and technological literacy. Learning in the revolutionary era 4.0 can apply hybrid / blended learning and Case-base Learning. Even education in the era of society 5.0, allows students or students in learning activities side by side with robots that have been designed to replace the role of educators. So what about the education system in Indonesia? This paper examines the readiness of Indonesian education in welcoming the era of society 5.0. Thus, activists and education stakeholders get a picture of the urgency of the presence of technology era society 5.0 in the world of education


Keywords


society 5.0; education technology; hybrid learning

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.

Alimuddin, Z. (2019). Era Masyarakat 5.0 Guru Harus Lebih Inovatif Dalam Mengajar. Retrieved Mei 18, 2019, From Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/Read/214466/20190518/165259/Zulkifar-Alimuddin-Era-Masyarakat-50-Guru-Harus-Lebih-Inovatif-Dalam-Mengajar

Aoun, J. (2017). Robot-Proof: Higher Education In The Age Of Artificial Intelligence. Us: Mit Press.

Bhakti, C. U. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 Universitas As. Universitas Ahmad Dahlan Rosiding Seminar Nasional Pendidikan, (Pp. 85–94).

Daulay, A. R. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Penerimaan Peserta Didik Baru (Siap Ppdb) Online Dalamrangkameningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Sma Negeri 2 Tanjungmorawa. Repositori Universitas Muhammadiah Sumatra Utara.

Faruqi, U. A. (2019). Survey Paper : Future Service In Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas 02 (01) , 67–79.

Government, C. O. (2018). Society 5.0. Japan.

Hayashi, H. S. International Standardization For Smarter Society In The Field Of Measurement, Control And Automation. 56th Annual Conference Of The Society Of Instrument And Control Eng. 2017 .

Munanda, A. (2019). Dunia Pendidikan Menuju Revolusi Industri 5.0. Retrieved Januari 21, 2019, From Https://Www.Biem.Co/Read/2019/01/21/33919/Tb-Ai-Munandar-Dunia-Pendidikan-Menuju-Revolusi-Industri-5-0/

Özdemir, V. &. (2018). Birth Of Industry 5.0: Making Sense Of Big Data With Artificial Intelligence,“The Internet Of Things” And Next-Generation Technology Policy. Omics: A Journal Of Integrative Biology 22(1) , 65-76.

Pakpahan, R. (2016). Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1) , 19-35.

Pemerintah, P. (2005). Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Ri.

Risdianto, E. (2019). Akademia. Retrieved 07 2019, 19, From Https://Www.Academia.Edu/38353914/Analisis_Pendidikan_Indonesia_Di_Era_Revolusi_Industri_4.0.Pdf

Rokhmah, N. I. (2019). Peran Matematikawan Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Teknologi Yang Relevan Menjadi Bagian Integral Dari Kurikulum. Peran Matematikawan Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Teknologi Yang Relevan Menjadi Bagian Integral Dari Kurikulum.

Skobelev, P., & Borovik, Y. S. (2017). On The Way From Industri 4.0 To Industri 5.0: From Digital Manufactureing To Digital Society. International Scientific Research Journal "Industri4.0" , 307-311.

Syarizka, D. (2019, 07 11). Bisnis.Com. Retrieved 07 22, 2019, From Teknologi: Https://Teknologi.Bisnis.Com/Read/20190711/266/1122855/Ruangguru-Startup-Pendidikan-Yang-Siap-Jadi-Unicorn-Baru

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No.20 2003.

Wibawa, S. (2018). Pendidikan Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia.

Wilson, C. (2015). Blended Learning Models & Platforms. Electronic Version. Retrieved 7 30, 2019, From Http://Www. Teachthought. Com/Technology/6-Blended-Learning-Models-Platforms/Data Check

Yusnaini, Y. &. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats