Pengembangan Media Video Gerak Tari Sparkling Surabaya pada Mata Pelajaran Seni Budaya bagi Siswa SMP

Rahajeng Lukitarini, Iskandar Wiryokusumo, Suhari Suhari

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran seni  tari pada umumnya menggunakan metode menirukan gerakan yang diberikan  oleh guru..  Keterbatasan kemampuan guru untuk memberikan praktek tari di kelas membuat siswa dituntut untuk melakukan kegiatan praktek tari secara mandiri.Tujuan pengembangan media video Gerak Tari Sparkling Surabaya ini untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam mempelajari gerak tari Sparkling Surabaya.Dari pengembangan media video ini menghasilkan Video Pembelajaran gerak tari Sparkling Surabaya sebagai alat bantu pembelajaran seni tari dalam pelajaran Seni Budaya. Subjek uji coba dalam pengembangan media video ini adalah ahli materi, ahli media dan ahli desain serta siswa SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berbentuk angket dan test.Hasil pengembangan media video ini berdasarkan review ahli materi adalah baik, review ahli desain adalah sangat baik, dan review ahli media adalah sangat baik, hasil uji coba perorangan baik, hasil  uji coba kelompok kecil baik, dan uji coba kelompok besar adalah baik. Dengan adanya media pengembangan video ragam gerak tari Sparkling Surabaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui hasil pre tes dan pos tes pada siswa SMP.


Abstract

Dance learning in general uses the method of imitating the movements given by the teacher. The teacher's limited ability to provide dance practice in class makes students are required to carry out dance practice independently. learn the motion of Sparkling dance in Surabaya. From the development of this video media produces Learning Videos of Sparkling dance in Surabaya as a tool for learning dance in the art of culture. The test subjects in the development of video media are material experts, media experts and design experts as well as junior high school students. Data collection techniques using questionnaire and test instruments.The results of the development of this video media based on expert review of the material is good, the design expert review is very good, and the media expert review is very good, the results of individual trials are good, the results of small group trials are good , and large group trials are good. With the media development of a variety of Sparkling Surabaya dance motion videos can improve student learning outcomes through pre-test results and test posts on junior high school students.


Keywords


Media Video; Seni Budaya; Gerak Tari Sparkling Surabaya

Full Text:

PDF

References


Benjamin, S. (1985). The systematic design of instruction. Walter Dick and Lou Carey Glenview, II: Scott, foresman 01985, second edition, 320 pp., $16.95. Performance + Instruction, 24(8), 13. https://doi.org/10.1002/pfi.4150240807

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.

Handayani, A., Setyosari, P., & ... (2017). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas Viii Smp Islam Yakin Tutur Kabupaten Pasuruan. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.

Kurniawan, M. F. T., & Rokhmani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan (Studi Pada Kelas XI APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari Materi Aspek Organisasi). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 72–77.

Noya, F. S., Supriyono, S., & Wahyuni, S. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Informal pada Transfer Pengetahuan Kecakapan Ketog Magic. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1244–1248.

Pertiwi, N. L. S. A., Arini, N. W., & Widiana, I. W. (2016). analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2015/2016. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2).

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243.

Rostika, D., & Zulkarnain, W. (2016). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Sistem Kredit Semester. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(2), 191–199.

Setiawan, A. (2016). Tari Sparkling Surabaya: Kajian Struktur, Makna Simbol, dan Identitas. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 15(3).

Setiawan, A. (2019). Mengembangkan Nilai Karakter dan Kemampuan 4C Anak Melalui Pendidikan Seni Tari di Masa Revolusi Industri 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2).

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36–49.

Tembang, Y., Sulton, S., & Suharjo, S. (2017). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media gambar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 812–817.

Yosef, M. (2016). Model Penelitian Pengembangan Dick & Carey. Online) Https://Marioyosefkabosu. Wordpress. Co m/2016/12/21/Pos-Blog-Pertama.

Yuliananingsih, Y. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Ikip Pgri Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 239–248.

Zainuddin, H. M. (2015). Implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk karakter anak bangsa. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 9(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats