EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN BAHASA ARAB

Moh. Ainin

Abstract


Abstract: The aim of this research is to describe the effectiveness of using Problem Based Learning (PBL) approach in Arabic Language Research Method Class. It uses a quasi-experimental (pre- experimental design). The result shows that generally using PBL is effective in both aspects of the learning process and the learning outcomes. The specific findings in this research is that the using PBL is not effective for students in the lower class category both from the aspect of competence, learning attitude, willingness to learn, learn discipline, and activeness in class

Full Text:

PDF

References


Adnyana, Gede Putra. 2009. Meningkatkan Kualitas Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Banjar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Kerta Mandala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Bali,

Volume 1 Nomor 001, Oktober 2009, ISSN 2085-9716

Al-Arabi, Sholah Abdul Majid. 1981. Ta’limu al-lughah Al-”arabiyyah wa Ta’limuha. Beirut: Maktabah Lubnan.

Darmwan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pandeglang Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di MI Darussa’adah. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI Banding Vol. 11 No. 2 Oktober 2010.

Dulay, Heidi, Mariana Burt dan S. Krashen. 1982. Language Two. New York: Oxford Univesitiy Press.

Huda, Nuril. 1988. Penyusunan Usulan Penelitian. Makalah disampaikan dalam Lokakarya Penelitian Bahasa dan Pengajarannya di Universitas Kristen Petra Surabaya pada tanggal 11—12 Juli.

Gass, Susan M., dan Selinker, Larry. 1994. Second Language Acquisition: An Introductory Course. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Ibnu, Suhadi, Mukhadis, Amat, dan Dasna, I Wayan. (Eds.). 2003. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ibrahim, Muslimin., Nur, Mohammad. 2004. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Edisi 2. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya. University Press.

Krashen, Stephen D dan Terrell, Tracy D. 1983. The Natural Approach: Language Acquisition in the Classroom. New York: Pergamon Press.

Krashen, Stephen D. 1985. The Input Hypothesis: Issues and Implications. New York: Longman.

Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian: Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodah. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur, Mohamad. 2004. Model –Model Pembelajaran. Makalah disampaikan pada Pelatihan Pembuatan Desain Media Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Sain dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya, tanggal 5 s.d 7 Agustus 2004.

Nur, Mohamad., Wikandari, Prima Retno. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Knstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah Universitas Negeri nSurabaya.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Jakarta: Mediakom.

Slavin, Robert E. 2009. Educational Psychology: Theory and Practice. Terjamahan oleh Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks.

Sardiman, A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats