Pengembangan Multimedia Drill and Practice untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Bahasa Jepang

Rani Vita Sari, Sulton Sulton, Yerry Soepriyanto

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk berupa multimedia drill and practice yang layak digunakan dan juga valid dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang. Penelitian pengembangan ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) Lee dan Owens. Pada penelitian pengembangan multimedia drill and practice ini menghasilkan produk dalam kriteria valid/layak digunakan dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari ahli media sebesar 3,7, dari ahli materi 3,8, dan hasil uji coba siswa sebesar 3,88.

Abstract: The purpose of this development research is to produce a product in the form of multimedia drill and practice that is feasible to use and is also valid in improving the ability of Japanese vocabulary. Research and development are included in the type of research and development (Research and Development) Lee and Owens. In this multimedia development research, the drill and practice product produced a valid criteria / feasible to use with the average results obtained from media experts at 3,7,from material experts 3,8, and the results of student trials 3,88.


Keywords


Pengembangan; Multimedia; Drill and Practice

Full Text:

PDF

References


Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill And Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. II(1), 205–211.

Ampuch, A., Hiranrat, W., Pimbaotham, N., & Singnan, T. (2014). Developing a Computer Assisted Instruction with Drill and Practice for English Teaching to Primary School Grade 6 Students with Hearing Impaired. 22(2), 47–53.

Ariani, Niken. & Haryanto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Prestasi Pustaka.

Binanto, I. (2010). Multimedi Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya (H. F. Andi. Demanik, J & Weber (ed.)).

Candra, B. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Pada Permainan Bola Basket Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Mojokerto. FIK UNESA.

Dale &Edgar. (1969). Audiovisual Method in Teaching. Third Edition. The. Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Dimyati & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran (Pfeiffer (ed.)). PT Rineka Rosdakarya.

Educatio, J. (2014). Pengembangan Paket Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Drill And Practice Melalui Model Pembelajaran Berbantuan Komputer : Analisis Kebutuhan Di Sma / Ma. 9(2), 278–292.

Hussein, K. Q. (2015). A Uthoring System Of Drill & Practice E- Learning Modules For Hearing Impaired Students. 7(1), 131–138. https://doi.org/10.5121/ijcsit.2015.7113

Lee. W. W & Owens. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. (2nd Ed). Pfeiffer.

Mayer. (2009). Multimedia Learning. Pustaka Belajar.

Novita, E. W., & Burhan, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Pada Mata Kuliah Pengukuran Teknik Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. 3(1), 9–17.

Nugroho, S. A., Redjeki, T., & Mulyani, S. (2014). Penerapan Metode Drill And Practice Dilengkapi Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas Xi Ipa 5 Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013. 3(4), 93–99.

Ozofor, Ndidiamaka Mike, P. . D. ( N. ) D. of M. / C. S. (2015). Effect Of Two Modes Of Computer Aided Instruction On Students ’ Achievement And Interest In Statistics And Probability. 3(1), 89–102.

Pacol, C. A., & Patacsil, F. (2018). Drill and Practice Courseware in IT Fundamentals. 2(2), 1–11. https://doi.org/10.26666/rmp.ajtve.2018.2.1

Ramadhan, R., Si, M., Amelia, R., & Kom, M. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Drill And Pratice Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang.

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Afabeta.

Smaldino, S.E., Lowther D.L., & Rusell, J. . (2011). Instructional Technology & Media for Learning. Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang Republik Indonesia. In Undang-Undang Republik Indonesia. Citra Umbara.

Vita FS, Mayar Afriyenti, A. E. (2019). Drill and Practice Sebagai Metode Pembelajaran Alternatif Untuk Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Manufaktur di Sekolah Menengah Kejuruan. 7(2), 1541–1550.

Watini, S., Childhood, E., Education, T., Program, S., & Tasikmalaya, U. M. (2020). ICT Competency with Drill and Practice Method in Making Multimedia Visual Learning. 13(2), 889–893.

Widodo, S., & Pd, M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Drill And Practice Didukung Media Dua Dimensi Terhadap Kemampuan Menghitung Keliling Bangun Datar Persegi Dan Persegi Panjang Siswa Kelas Iii Semester Ii Sdn Pare 2 Tahun Ajaran 2016 / 2017. 01(06).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i12021p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rani Vita Sari, Sulton, Yerry Soperiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats