Pengembangan Multimedia Tutorial Materi Sistem Gerak Tubuh Manusia Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Di Rumah

Bima Aktoriawan, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia tutorial IPA sistem gerak tubuh manusia yang layak atau valid dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Ada (lima) tahapan pengembangan produk yaitu Assessment/Analisis, Design, development, implementation, dan Evaluation. Hasil validasi ahli media didapat presentase 98,75% dan validasi ahli materi didapat presentase 98,75%. Sedangkan uji validasi siswa di dapat presentase 97,5% sehingga diperoleh hasil bahwa multimedia tutorial valid atau layak. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia tutorial ini dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran klasikal maupun individual.

Abstract: The purpose of this research is to produce a multimedia product tutorial Natural sciences human body mobility system that is decent or valid in improving student learning outcomes. This research is included in research and development. There are (five) stages of product development namely Assessment/analysis, design, development, implementation, and Evaluation. The validation results of the media experts gained a percentage of 98.75% and the validation of material experts acquired a percentage of 98.75%. While the validation test students in can percentage 97.5% so that the results obtained that multimedia tutorial is valid or feasible. Then it can be concluded that the multimedia tutorial can be used as a learning media by teachers and students in the process of classical and individual learning.


Keywords


Pengembangan; Multimedia tutorial; Sistem gerak tubuh manusia; belajar di rumah

Full Text:

PDF

References


Abdullah Winarno. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran Panduan Lengkap Untuk Para Pendidik dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Genius Prima Media

AECT, (1997) Definisi teknologi pendidikan (satuan tugas definisi & terminology AECT). Jakarta. Rajawali.

Ahmad Rivai, Nana Sudjana. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education

Amalia, M. S., Ulfa, S., & Soepriyanto, Y. (2020) Multimedia Tutorial Berbasis Android Untuk Memudahkan Siswa Memahami Materi Mengenal Notasi Balok Kelas X Seni Musik. 3.(1), 59-67

Anggraeni, R., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096

Anas A. M., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih. (2013). Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk SMK Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. JKTP Volume 1, Nomor 4, Desember 2018, 307–314. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6916/3859

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariesto Hadi Sutopo. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yongyakarta: Graha Ilmu.

Astuti, F. (2018) ‘Effectiveness of Elements Periodic Table Interactive Multimedia in Nguyen Tat Thanh High School’, International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(1), pp. 1–10. doi: 10.24071/ijiet.2018.020101.

Buzzell, P. R., Chamberlain, V. M. and Pintauro, S. J. (2020) ‘The Effectiveness Of Web-Based , Multimedia Tutorials For Teaching Methods Of Human Body Composition Analysis’, 26(1), pp. 21–29.

Darmojo, Hendro., Jenny R.E Kaligis. 1993. Pendidikan IPA 2. Jakarta Depdikbud

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Perananya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE, 90-97

Diansyah, A. N. (2018). Penerapan Multimedia Interaktif Model Tutorial Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Petik, 1(1), 11. https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.54

Djamara, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hofstetter, Fred T. 2001. Multimedia Literacy. New York: McGraw-Hill.

Haryaningtias, D., Suyatna, A., & Sesunan, F. (2013). Pengembangan multimedia interaktif tutorial menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(6), 120853.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R. I. (2020) ‘Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)’, pp. 1–3.

Khoerunisa, M., Maknun, D., & Mulyani, A. (2014). Pembelajaran Bioteknologi Berbasis Multimedia Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IX di SMPN 8 Kota Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 55-70.

Lee. W.W & Owens. D L.2004. Multimedia-Based Instructional Design, (2nd Ed.) SanFrancisco: Pffeiffer

Mayer, R. E. (2009), Multimedia Learning – Prinsip dan Aplikai. Yogyakarta: Pusat Belajar.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Oya, R. N., & Budiningsih, C. A. (2014). Peningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif Dan Produktif. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 116. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649

Prastiwi, D., Setyosari, P., & Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Tutorial sebagai Suplemen pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam dan Basa Kelas XI. 6 (2), 69-80https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p069

Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2008). Panduan Praktikum Multimedia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Prayoga, G. S., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 6 SingaRaja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2).

Rachmadtullah, R., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer - based interactive multimedia: study on learning in elementary education. 7(4), 2051–2054. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Putra, G. T. S., Kesiman, M. W. A., & Darmawiguna, I. G. M. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(2), 125. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i2.9782

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Rosyida, F., & Adi, K. R. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Program Autoplay untuk Guru-Guru SMPN 2 Balen Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Praktis dan Dedikasi Sosial, 1(1), 21-29

Saprudin, S., Munaldi, M., Wijoyo, A., & Prasetio, S. M. (2020). Pembelajaran Multimedia (Studi Kasus: SMK Indonesia Global). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1).

Setyo, B, A., Komaro, M., & Ariyano, A. Multimedia Interaktif Model Tutorial Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Enggineering Education, 1(2), 207-212

Sembiring, E. B., Wahyuni, D., & Anurogo, W. (2018). Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan dan Tumbuhan Langka Menggunakan Model Tutorial. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 1(2), 103–112. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/DECA/article/view/839/561

Sujana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo

Turban., Aplikasi Multimedia Interaktif, Paradigma, Yogyakarta, 2002.

Triliana, T., & Asih, E. C. M. (2019). The development of the computer-based instructional media with the interactive tutorial model. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032118

Umroh, N. S., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2019). Multimedia Tutorial Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 45–52. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7628

Vaughan, Tray. (2006). Multimedia: Making it Work. Edisi VI. Yogyakarta: Andi

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTS Raudlatul Ulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23–29. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7370

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018, February). Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral Di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bima Aktoriawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats