Aplikasi Mobile Learning Model Pembelajaran STEM Untuk Guru Sekolah Dasar

Rifan Rahman Sutrisno, Ghullam Hamdu

Abstract


Abstrak:

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan guru sekolah dasar dalam mempelajari model pembelajaran STEM dan menghasilkan produk aplikasi mobile learning model pembelajaran STEM yang sesuai untuk guru. Metode yang digunakan adalah wawancara terhadap guru sekolah dasar, Focus Group Discussion (FGD) dengan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar tim pengembang perangkat pembelajaran STEM dan studi kepustakaan. FGD dipilih sebagai pengganti uji coba langsung di lapangan dan menjadi dasar validasi kelayakan dalam pengembangan produk. Hasil menunjukkan bahwa guru belum memiliki akses terhadap referensi model pembelajaran STEM yang disertai dengan pedoman penggunaan dan perangkat yang dibutuhkan. Melalui proses FGD didapatkan hasil bahwa referensi model pembelajaran STEM dapat dibuat dalam aplikasi berbasis android yang dinilai mudah dan murah untuk digunakan. Kesimpulan yang diperoleh adalah aplikasi mobile learning model pembelajaran STEM bisa menjadi sumber referensi dan penyedia perangkat pembelajaran bagi guru dalam melaksanakan model pembelajaran STEM.

Abstract: The purpose of the study is to determine the needs of elementary school teachers in learn STEM learning models and producing mobile learning application products that are suitable for STEM learning models for teachers. The method used was interviews with primary school teachers, Focus Group Discussion (FGD) with Elementary School Teacher Education students, the team developing STEM learning tools and library studies. The FGD was chosen as a substitute for direct trials in the field and became the basis for validation of eligibility in product development. The results show that the teacher does not yet have access to STEM learning model references which are accompanied by guidelines for use and the tools needed. Through the FGD process, the results show that STEM learning model references can be made in an Android-based application that is considered easy and inexpensive to use. The conclusion obtained is that the STEM learning model mobile application can be a reference source and provider of learning tools for teachers in implementing the STEM learning model.


Keywords


Aplikasi Mobile Learning; Model Pembelajaran; STEM

Full Text:

PDF

References


Ally, M., & Prieto-Blázquez, J. (2014). What is the future of mobile learning in education? RUSC Universities and Knowledge Society Journal, 11(1), 142–151. https://doi.org/10.7238/rusc.v11i1.2033

Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat Dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353

Hidayat, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Pelaksanaan Supervisi. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 20(1), 1–7. http://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/1078/371371574

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.33

Keengwe, J., & Bhargava, M. (2014). Mobile Learning And Integration Of Mobile Technologies In Education. Education and Information Technologies, 19(4), 737–746. https://doi.org/10.1007/s10639-013-9250-3

Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Kresno, S. (1999). Aplikasi Penelitian Kualitatif Dalam Pencegahan Dan Pemberantasan Penyakit Menular.

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi PembelajaranEfektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(01), 1–14. https://media.neliti.com/media/publications/196924-ID-strategi-pembelajaran-efektif-berbasis-m.pdf

Nichols, J. R. (2013). 4 Essential Rules Of 21st-Century Learning. https://www.teachthought.com/learning/4-essential-rules-of-21st-century-learning/

NRC. (2014). STEM Integration in K-12 Education. In STEM Integration in K-12 Education. https://doi.org/10.17226/18612

Patnership For 21st Century Skills. (n.d.). Reimagining Citizenship for the 21st Century.

Pribowo, F. S. P. (2020). Persepsi Guru SD Muhammadiyah Terhadap Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran Di Kelas. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 209–219. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4885/2820

Puslitbang Aptika IKP Kominfo RI. (2017). Survey Penggunaan TIK Serta Implikasinya Terhadap Sosial Budaya Masyarakat. Badan Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 1–30.

Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195

Sinabariba, R. B. (2017). Peranan Guru Memilih Model-Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 3–10. http://osf.io

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayungtyas. (2020). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470

Sukmana, R. W. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798

Supriyatun, S. E. (2019). Implementasi Pembelajaran Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) Pada Materi Fungsi Kuadrat. 5(1), 80–87. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.567

Supriyono, H., Saputra, A. N., Sudarmillah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android, 8(2), 907–920. https://doi.org/10.26555/jifo.v8i2.a2057

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050

Suwarma, I. R., Astuti, P., & Endah, E. N. (2015). “ Balloon Powered Car ” Sebagai Media Pembelajaran Ipa Berbasis Stem (Science , Technology , Engineering , and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 2015(Snips), 373–376. https://doi.org/10.1143/JJAP.49.080215

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn Di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318

Torlakson, T. (2014). Innovate A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. In Californians Dedicated to Education Foundation (Issue May). http://www.cde.ca.gov/pd/ca/sc/documents/innovate.pdf

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278.

Wildan. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. Society Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, XVII, 41–63. https://core.ac.uk/download/pdf/266979224.pdf

Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 976–984).

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rifan Rahman Sutrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats