Hubungan Kompetensi Guru dengan Hasil Belajar IPS di Sekolah Menengah Atas

Shinta Candra Karnaningsih, Sulton Sulton, Arafah Husna

Abstract


Abstract: This study aims to determine the relationship of social studies teacher competencies with student learning outcomes in Tulungagung High School. Teacher competence is a matter to support teaching and learning activities. Where a learning outcome can be improved through competent teachers. Learning outcomes are the learning achievements achieved by students in the process of teaching and learning activities. The data was obtained through secondary data from social studies teachers (Economics, Geography, History and Sociology) conducted by Tulungagung High School, namely Gondang High School, Pakel High School, PGRI High School, and Al Azhar Islamic High School. Hypothesis test results in this study obtained the results of a correlation of 0.792 and p = 0.00 <0.05. So the correlation coefficient is so high that there is a reliable relationship. So there is a relationship between the competence of social studies teachers with learning outcomes in Tulungagung High School. This study gets results if the competency of the teacher is high, so the learning outcomes achieved by the students also increase.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru IPS dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Tulungagung. Kompetensi guru adalah suatu hal untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Dimana suatu hasil belajar dapat ditingkatkan melalui guru yang berkompeten. Hasil belajar adalah prestasi belajar yang diraih siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Data didapatkan melalui data sekunder guru IPS (Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi) yang dilaksanakan SMA Tulungagung yaitu Sekolah Menengah Atas Gondang, Sekolah Menengah Atas Pakel, Sekolah Menengah Atas PGRI, dan Sekolah Menengah Atas Islam Al Azhar. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperolah hasil korelasi 0,792 dan p = 0,00 < 0,05. Sehingga koefisien korelasi sangat tinggi bahwa ada hubungan yang bisa diandalkan. Sehingga ada hubungan antara kompetensi guru IPS dengan hasil belajar di Sekolah Menengah Atas Tulungagung. Penelitian ini mendapatkan hasil jika kompetensi yang dimiliki oleh guru tinggi, maka semakin meningkat pula hasil belajar yang dicapai oleh siswanya.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R., Sulton., & Sulthoni. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96–101. Retrieved from : https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p096

Azzahra, A. F. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Plus Al-Kautsar Blimbing Malang. Skripsi diterbitkan. Malang : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Maulana MalikIbrahim Malang.

Balqis, P., Ibrahim, N. U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1), 25-38. Retrieved from : http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2497

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309-324. Retrieved from : https://doi.org/10.22373/JM.V5I2.630

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhil, M. (2016). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar. Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 1(1), 70-81. Retrieved from : www.journal.unismuh.ac.id/perspektif

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 33-42. Retrieved from : https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.874

Hamalik, Oemar (2006), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanuddin, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA DDI Ponre Kabupaten Bone. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 146-161. Retrieved from : https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/826

Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, E. (2018). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru SOSHUM Setingkat SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298. Retrieved from : https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7918-2.ch016

Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). 1-13. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/259538

Marheni, N. L. G., Sujana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Kelas V Sd No. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1-10. Retrieved from : https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1438

Martini,Yamin, dan Maisyah (2010) Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press.

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. E-Print UMSIDA 1(2), 929–930. Retrieved from : http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1610

Nuriadin, I., & Perbowo, K. S. (2013). Analisis korelasi kemampuan berpikir kreatif matematik terhadap hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Infinity Journal, 2(1), 65-74. Retrieved from : https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.25

Pransiska, S., Asyhar, R., & Asrial, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kela VII SMP Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Materi Asam, Basa dan Garam. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2). 1-7. Retrieved from : https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edusains/article/view/3390

Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 55-60. Retrieved from : http://jurnal.goretanpena.com/index.php/GJE

Rohmawati, R. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Kecerdasan Berdemokrasi Warga Negara. Skripsi diterbitkan. Surakarta : Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sagala, Saiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sirait, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 43-48. Retrieved from : http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/337

Situmorang, M. (2014). Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA Melalui Inovasi Pembelajaran Dan Integrasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1). 237-246. Retrieved from : https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/817

Susanti, S. (2018). Kompetensi Pedagogik Yang Dimiliki Guru Kelas Tinggi Di Mi Ma’arif Nu 2 Pancasan Ajibarang. Jurnal Penelitian Agama, 19(2), 1-19. Retrieved from : https://doi.org/10.24090/jpa.v20i2.2019.pp315-336

Sulfemi, W. B. (2016). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho, 5(2), 52–70. Retrieved from : https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/58227178/Jurnal_fASCHO_edisi_2._2016__OKTOBER.pdf?15480

Syafmen, W. (2014). Studi Tentang Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Matematika Di SMP N Kota Jambi. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01), 1-7. Retrieved from : https://www.online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/1583

Wahyudi, M. A., Widiyanti, W., & Nurhadi, D. (2018). Kecerdasan Visual Spasial Dan Kemandirian Belajar Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 101-109. Retrieved from : https://doi.org/10.17977/um031v42i22018p101

Wildan, W. (2019). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui metode pendampingan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 35-43. Retrieved from : https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.1024




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i12021p051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shinta Candra Karnaningsih, Sulton, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats