Pengembangan Multimedia Tutorial Pokok Bahasan Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Mata Pelajaran IPA

Arien Kurnia Putri, Sulton Sulton, Henry Praherdhiono

Abstract


Abstrak: Pengembangan multimedia tutorial dilakukan untuk membantu pebelajar dalam proses belajar pada mata pelajaran ipa materi struktur dan fungsi tubuh pada tumbuhan. Pebelajar merasa kesulitan menghafalkan dan memahami struktur anatomi tumbuhan. Maka pemanfaatan multimedia tutorial dapat menjadi solusi untuk memotivasi pebelajar dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lee & Owens. Ada (lima) tahapan     pengembangan produk yaitu Assessment/Analysis, Design, development, implementation, and Evaluation. Metode Lee & Owens memiliki langkah-langkah pengembangan sistematis yang lebih mengutamakan hasil dari pengalaman penggunanya. Hasil review yang didapat dari ahli media, materi dan uji coba kepada pebelajar menunjukkan respon yang positif dan multimedianya layak digunakan dalam pembelajaran. 


Keywords


Pengembangan; Multimedia; Tutorial

Full Text:

PDF

References


Bahri, A., Hidayat, W., & Muntaha, A. Q. Penggunaan Media Berbasis AutoPlay Media Studio 8 Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 394-402).

Billah, A. F. (2015). Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam ImplementasiKurikulum 2013 Bandung: repository.upi.edu.

Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ghasemi, B., Hashemi, M., & Bardine, S. H. (2011). The Capabilities of Computers for Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28 58 – 62.

Hamalik, O. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Bumi Aksara.

Hesson, M., & Shad, K. F. (2007). A Student-centered Learning Model. American Journal of Applied Sciences, 4(9), 628–636. https://doi.org/10.3844/ajassp.2007.628.636

Ivić, I. (2019). Printed and digital media: Printed and digital textbooks. Center for Educational Policy Studies Journal, 9(3), 25–49. https://doi.org/10.26529/cepsj.694

Jannah, M., Copriady, J., & Rasmiwetti, R. (2019). Development of Interactive Learning Media using Autoplay Media Studio 8 for Colloidal Chemistry Material. Journal of Educational Sciences, 3(1), 132-144

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.

Mawarni, Sella & Muhtadi, Ali. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi PendidikanVol 4 (1). 84-96

Mayer, R. E., & Moreno, R. (1998). A cognitive theory of multimedia learning: Implications for design principles. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358–368.

Meliawati, W. (2016). Survei Pelaksanaan Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Biologi Beserta Analisis Kendala Pelaksanaan di SMA Negeri Se Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM. https:www.munirarber.blogspot.com/2012/07/tentang-auto-play-media-studio.html?m=1

Musfiqon, H. M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya

Mustika, R. (2015). Media Pembelajaran Sistem Audio untuk Pemberdayaan Pendidikan di Komunitas Masyarakat. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6(1), 57–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17933/mti.v6i1.75

Nugrahani, R., & Rupa, J. S. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35– 44.

Nurullah, A., Soepriyanto, Y., Sulton, S., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 315-319.

Purnomo, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rifani, A. C. (2014). Pengembangan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Macromedia Flash 8 pada materi perkembangan kemajuan teknologi untuk kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rokhayani, D., Kuswandi, D., & Abidin, Z. (2019). Multimedia Interatif Berbasis Game Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 102-108.

Saifudin, M. Fahmi, Susilaningsih, Wedi, A. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan,3(1) 68-77.

Sary Nur H., Sihkabuden, Henry Praherdhiono. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan,1(1) 63-69

Undang-Undang Republik Indonesia. (1989). Undang-Undang Republik Indonesia. In Undang-Undang Republik Indonesia. Citra Umbara..

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas Vii Mts Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23-29.

Widayat, W., Kasmui, K., & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran ipa terpadu pada tema sistem gerak pada manusia. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Yunita, R., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 284-289




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arien Kurnia Putri, Sulton, Henry Praherdhiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats