Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19
Abstract
Abstrak: Sejak merebaknya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) memberikan pengaruh signifikan pada aspek kehidupan terutama pendidikan. Dalam pembelajaran digital masih belum terealisasi dengan baik sehingga perlu adanya pembiasaan sehingga pembelajaran dapat tercapai selaras dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu 1) Mendeskripsikan kelas digital untuk membimbing siswa dalam pembelajaran di tengah pandemi Covid-19; 2) Menganalisis pembudayaan kelas digital untuk membimbing siswa dalam pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka. Fokus penelitian yaitu pembudayaan pembelajaran kelas digital. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi perpanjangan waktu. Teknik analisis data menggunakan komparasi konstan. Hasil penelitian ini yaitu dapat membiasakan dan membudayakan kelas digital sebagai salah satu pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19.
Abstract: Since the outbreak of the pandemic Coronavirus Disease (Covid-19) has had a significant influence on aspects of life, especially education. In digital learning is still not well realized, so there is a need for habituation so that learning can be achieved in line with the objectives to be achieved. The purpose of writing this article is 1) Describe the digital class to guide students in learning in the midst of the Covid-19 pandemic; 2) Analyzing the culture of digital classrooms to guide students in learning in the midst of the Covid-19 pandemic. The research method uses a literature review. The focus of the research is the acculturation of digital classroom learning. Data validity is done by extending triangulation. The data analysis technique uses a constant comparison. The results of this study are able to familiarize and civilize digital classrooms as one of online learning in the middle of the Covid-19 pandemic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Hidaayatullah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.
Adi, P. (2016). Pembudayaan Nilai-nilai Pancasila Bagi Masyarakat Sebagai Modal Dasar Pertahanan Nasional NKRI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 37-50.
Almeida, F., & Simoes, J. (2019). The role of serious games, gamification and industry 4.0 tools in the education 4.0 paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120–136.
Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. (Online). Diakses 12 Juni 2020 dari : https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.
Effendi, H., & Dwiyani, N. (2018). Learning Management System Berbasis Cloud Sebagai Alternatif Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. 11(2), 80-84.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Pustaka di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran 6(2), 165–175.
Fomunyam, K. G. (2019). Education and the Fourth Industrial Revolution : Challenges and Possibilities for Engineering. International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET), 10(08), 271–284.
Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunung Sari. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 168–174.
Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. JIEMAR: Journal Industrial Engineering and Management Research, 1(2), 15–23
Hartanto, A. D., & Nurharjanti, M. (2018, 27 September). Implementasi Teknologi Pembelajaran dan Kelas Digital Untuk SMP Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional seri 8 “ Mewujudkan Masyarakat Madani dan Lestari ”. Diseminasi Hasil-Hasil Pengabdian Universitas AMIKOM Yogyakarta. September, 58–65.
Hidayat, N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 128-145.
Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 Outbreak. In Smart Learning Institute of Beijing Normal University UNESCO. https://iite.unesco.org/news/handbook-on-facilitating-flexible-learning-during-educational-disruption/
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.
Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Kurniawan, E., Dewi, A. K., Wirdianti, N., Hermawati, F. M., & Marhento, G. (2020). PEMBELAJARAN SAINS DAN LINGKUNGAN DI SMP. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 50-61.
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Untuk Menekan Penyebaran. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 1(1), 46–55.
Kemendikbud. (2020). Cegah Sebaran Covid-19 di Satuan Pendidikan, Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Solusi Belajar Daring. (Online). Diakses dari: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/cegah-sebaran-covid19-di-satuan-pendidikan-kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-solusi-belajar-darin
Komalasari, R. (2016). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19. Tematik-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 86–99.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116.
Nurani, N. I., Uswatun, D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50-56
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700, 4(2), 30–36.
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5(1), 42–48.
Purnomo, H., & Mansir, F. (2020). Pendidikan Karakter Islami pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 2579–4981.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Putra, R. S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global komunika, 1(2), 1–13.
Rachmawati, Y., Ma’arif, N., Fadillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., Amalyaningsih, R., Aftannaila, H., & Auliyah, A. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi Covid-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning. 1(1), 32-36.
Rahadian, D., Rahayu, G., & Oktavia, R. R. (2019). Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Petik, 5(1), 11–24.
Rahmadani, N. S., & Setiawati, M. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru” Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 241–246.
Rindiana, D., & Firdausi, T. (2019). Evaluasi Penerapan Kelas Digital pada SMP Al-Azhar 21
Sukoharjo. Academia: Journal of Multidisciplinary Studies. 3(1), 77-92. ISSN 2579-9711
Robandi, D., Ritonga, I., Nast, T. P. J., Rusdinal., & Gistituati, N. (2020). An Analysis of Education Policy In The Pandemic Covid-19. E-Tech: E-Journal Tech, 08(02), 1-4.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona, 2(1), 1-13.
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.
Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrohim, I., & Suwono, H. (2017). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi Stem Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90.
Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama, 20(2), 175–185.
Supiana & Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Educan. 1(1), 89- 109.
Surahmadi, B. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp N 1 Temanggung. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1123–1127.
Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Nomor 1 Tahun 2020. Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Perguruan Tinggi. Jakarta
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). 24 Maret 2020. Jakarta
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitaif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, Mix Method, R&D. Cetakan 1. Gumpang: CV Jasmine.
Trisnaningsih, S., Suyanto, S., & Rahayu, T. (2016). Pengembangan Learning Management System Quipper School pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6), 28–36.
Wahyudin, D. (2010). Model pembelajaran ICARE pada kurikulum mata pelajaran TIK di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 23–33.
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya, Jurnal Pendidikan Dasar, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 5(1), 61–68.
Yudiastuti, H., & Megawaty, M. (2015). Mengukur Kualitas Portal Rumah Belajar Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmiah Matrik, vol17 no (2), 163–172.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Reni Kurniawati Pertiwi, Sutama Sutama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)