Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online

Sistina Angga Reni, Henry Praherdhiono, Yerry Soepriyanto

Abstract


This study has to determine the effect of the application of the cooperative model type STAD on improving student design collaboration skills between before and after learning. This study used a pre-experimental design. The sample in this study was 30 students of educational technology class 2017 offering B who took Information Systems Management courses. The data collection method used is the non-test method. The research instrument used a peer-assessment questionnaire to measure design collaboration skills. The design in this case is the poster design. This study used the Paired Sample T-Test and the N-Gain test. Based on the results of the Paired Sample T-Test data processing, the sig (2-tailed) value is 0.000 <0.05, so the hypothesis h0 is rejected and ha is accepted. This shows that the mean after treatment is higher than the mean before treatment. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is an increase in student design collaboration skills using the STAD cooperative model online. The results of the research can be used as recommendations for selecting learning models for teachers.

Abstrak

Penelitian ini memiliki untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model  kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi desain mahasiswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran. Penelitian ini memakai pre-experimental design. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2017 offering B yang mengikuti mata kuliah Manajemen Sistem Informasi sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-tes. Instrumen penelitian memakai angket peer-assessment untuk mengukur keterampilan kolaborasi desain. Desain dalam hal ini adalah  desain poster. Penelitian  ini  memakai uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil pengolahan data uji Paired Sample T-Test didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis h0 ditolak dan ha diterima. Hal tersebut menunjukkan  mean sesudah perlakuan lebih tinggi dari mean sebelum perlakuan. Berdasarkan hasil analisia data dapat ditarik kesimpulan yaitu terdapat peningkatan keterampilan kolaborasi desain mahasiswa memakai model Kooperatif tipe STAD secara online. Hasil penelitian bisa difungsikan sebagai rekomendasi pemilihan model pembelajaran bagi pengajar.


Full Text:

PDF

References


Asia, E. (2010). INDONESIA SKILLS REPORT.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Chiu, M.-L. (2002). An organizational view of design communication in design collaboration. Design Studies, 23(2), 187–210.

Darmawan, R., & Dewanto, D. (2018). Penerapan kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi, hasil belajar dan respon siswa kelas X TKR 1 pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di SMKN 1 Kalianget. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(03), 53–58.

Hakiki, M. S., & Utomo, C. (2013). Faktor Kritis Penentu Keberhasilan Kolaborasi Desain Pada Perusahaan Properti Di Jawa Timur. Surabaya, Indonesia, Program Studi MMT-ITS.

HARIS, I. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(01).

Karim, S., Utami, S., & Utami, F. R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student-Teams-Achievment-Divisions) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 245–250.

Khan, G. N., & Inamullah, H. M. (2011). Effect of student’s team achievement division (STAD) on academic achievement of students. Asian Social Science, 7(12), 211–215.

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 251–260.

Lailatul, I. (2019). Penerapan STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Malang. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM.

Muslich, K. M. (2014). Pengembangan Model Assessment Afektif Berbasis Self Assessment dan Peer Assessment di SMA Negeri 1. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Nandiroh, S., Fitriadi, R., & Hikmawati, H. (2007). PENGEMBANGAN KOLABORASI DESAIN CASING PRODUK FLASH DISK BERBASIS WEB YANG MENDUKUNG KARAKTERISTIK KOLABORASI. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(1), 48–57.

Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2017). Constructing Learning Results as Learning Object Through Open Learning System. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017), 295–300.

Primartadi, A. (2012). Pengaruh metode student teams-achievement division (STAD) dan problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).

Pujiasih, E. (2020). MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48.

Puspawati, N., Lasmawan, W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Legian–Badung. Ganesha University of Education.

Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan, 8(1), 29–41.

Setyosari, P. (2007). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2, 1–10.

Slavin, E. R. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, dalam Coopertive Learning: Theori, Reearch and Practice, terj. Nurulita Nasron, Cet. VII. Bandung: Nusa Media.

Solihatin, E. (2007). Cooperative Learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20–31.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trinovia, V., & Mulyanratna, M. (2013). Penerapan Strategi Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Alat Optik. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Ulfiyati, Y., & Utomo, C. (2015). Model Teoritis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Manajemen Pengetahuan pada Keberhasilan Kolaborasi Desain. Jurnal Teknik ITS, 4(1), D82–D85.

Wati, I. (2016). Peningkatan Kerjasama pada Materi Perubahan Benda Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1).

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Widodo, S., Jatmiko, J., Santia, I., & Katminingsih, Y. (2019). Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 182–189.

Wijayanti, A. (2017). Efektivitas Self Assessment dan Peer Assessment dalam Pembentukan Karakter Siswa. Ann,(Southern Illinois University Press, USA, 1984), 267, 268.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad, 21(10).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i32021p270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sistina Angga Reni, Henry Praherdhiono, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats