Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19

Yayuk Dian Mandasari, M. Subandowo, Wawan Gunawan

Abstract


The purpose of this development is to create an interactive learning media for Automatic Electronic Electronic Configuration based on Articulate Storyline that is feasible and effective to use to achieve maximum student learning outcomes in science subjects with class IX electron configuration material at SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo during the COVID-19 pandemic. 19. The product is in the form of an Html5 application for ONLINE learning and flash/CD for OFFLINE learning. This study utilizes the ADDIE development model which consists of five interrelated stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of the development of interactive learning media for Automatic Electronic Electronic Configuration based on the assessment of content experts on average 98.95%, media experts 89.73%, and design experts 92.26%. The assessment belongs to the very good criteria and the very feasible category. The results of the expert's assessment are relevant to the impact of learning on student learning outcomes which show classical completeness of 88.13%.

Abstrak

Tujuan dari pengembangan ini yaitu menciptakan media pembelajaran interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis yang berbasis Articulate Storyline yang layak serta efektif digunakan untuk mencapai hasil belajar peserta didik secara maksimal pada mata pelajaran IPA dengan materi konfigurasi elektron kelas IX SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo di masa pandemi COVID- 19. Produk berbentuk aplikasi Html5 pada pembelajaran DARING dan flashdisk/CD untuk pembelajaran LURING. Penelitian ini memanfaatkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang saling berkaitan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil Pengembangan media pembelajaran interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis berdasarkan penilaian ahli isi rata-rata sebesar 98,95%, ahli media 89,73%, dan ahli desain 92,26%. Penilaian tersebut tergolong dalam kriteria yang sangat baik dan kategori yang sangat layak. Hasil penilaian para ahli relevan dengan dampak pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik yang menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 88,13%.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline,Konfigurasi Elektron

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, dan Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PAI Dengan Pendekatan Multidisipliner.

Andriani, W., Setyosari, P., Kuswandi, D., Kamdi, W., Gunawan, W., dan Karyono, H. (2020). Application of MURDER Collaborative Learning and Achievement Motivation on Problem-Solving Skills. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 14(2), 2020. www.ijicc.net

Arifin, R. W., Septanto, H., dan Wignyowiyoto, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dengan Model ADDIE Dalam Kegiatan Pembelajaran Blended Learning. Vol 2 No 2 (2018): Information Management For Educators and Professionals (Juni 2018).

Astiningsih, A. D., dan Partana, C. F. (2020). Using Android Media for Chemistry Learning Construction of Motivation and Metacognition Ability. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13119a

Aulia, J., P, N. D. P., Zarkasih, dan Nova, T. L. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik SMP. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70–76.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Darnawati, Batia, L., Irawaty, dan Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Fatirul, A. N. (2020). Online Application Development in Blended Learning to Increase Ease of Collaboration and Communication and Students Freedom of Thought Ability. International Journal of Arts and Social Science ISSN: 2581-7922, 3(5), 112–118. www.ijassjournal.com

Fatirul, A. N., dan Rufi’i. (2020). Evaluasi dan Pengukuran (I. Wiryokusumo (ed.)). Adi Buana University Press.

Hadza, C., Sesrita, A., dan Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR). https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 59–72.

Hamdani, A. R., dan Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran DARING (Full Online) di Masa Pandemi COVID-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Herdiyanto, D., Sulton, S., dan Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Tema Tanah bagi Peserta didik Tunagrahita. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p088

Iswara, G. P. S., Kuswandi, D., dan Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi dengan Simulasi untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia Pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 6(2), 58–68. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p058

Lirahman, R., dan Heniwaty, Y. H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Tari Lenggok Mak Inang melalui Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning. Gesture : Jurnal Seni Tari. https://doi.org/10.24114/senitari.v8i1.13193

Luhulima, D. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Materi Pembelajaran Karakter Bersaksi di Sekolah Minggu. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(16).

Mahmudah, A., dan Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Peserta didik Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515

Molenda, M. (2015). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement. https://doi.org/10.1002/pfi.21461

Munir. (2020). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy.

Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., dan Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (JKTP) Universitas Negeri Malang.

Noviyanti, N., dan Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458

Nugroho, M., F., A., Wahida, A., dan Margana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Melukis Teknik Aquarel di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2020. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 3, 318–323. http://senada.std-bali.ac.id

Pakpahan, R., dan Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., dan Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar.

Pujianto, H., H., Marianus, S., dan Rusmawati, R., D. (2020). Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Tuna Rungu Peserta didik TKLB. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 390–398. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1728/866

Rafmana, H., Chotimah, U., dan Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika.

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., dan Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period : A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388

Saputri, M. E. E., dan Oktarin, I. B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(2), 155. https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15230

Satianingsih, R., Budiyono, S. C., dan Subandowo, M. (2020). Character Education in Multicultural Society: Case in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 337–344. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i4.1407

Setyaningsih, S., Rusijono, R., dan Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Sudibjo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Google Classroom pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respons Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Education and Development, 7(3), 278–284.

Supratman, E., dan Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.958

Wahyuningtyas, R. (2019). Pentingnya Media dalam Pembelajaran guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 222–232. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Wijayanti, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 6: Energi dan Perubahannya. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Yahya, R., Ummah, S. K., dan Effendi, M. M. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini-project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3136

Yuda, A. B. S., Degeng, I. N. S., dan Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan Puzzle Game Tentang Keragaman Budaya Indonesia Berbantuan Interactive Whiteboard. JKTP (Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan), 3(4), 425–434. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p425




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i32021p309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 YAYUK DIAN MANDASARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats