E-Modul Materi Biogas Untuk Pendidikan Vokasi Agribisnis Ternak Ruminansia
Abstract
Development of E-Modules on Agribusiness Subjects for Ruminant Livestock Breeding Biogas at SMK Negeri 1 Gelumbang to produce valid, practical and effective products. Rowntree's development model is used to guide which contains three stages, namely planning, writing preparation, and writing and editing. The third stage is also called the evaluation stage using Tessmer's formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, and field test). The subject of the research was the class XII students of Ruminant Livestock Agribusiness at SMK Negeri 1 Gelumbang. Collecting data using observation techniques, interviews, walkthroughs, questionnaires and tests. The results of research on the validity of the E-Modul by three validators obtained an average of 86.67% so that it is categorized as very valid. The results of the practicality test of E-Modules in all groups obtained an average of 83.81% in the one to one stage and 87.14% in the small group stage with a very practical category. The results of the E-Modul effectiveness test on student learning outcomes with an N-gain mean value of 0.77 in the high category. The conclusion that the resulting e-Module is valid, practical and effective.
Abstrak
Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Agribisnis Pembibitan Ternak Ruminansia Materi Biogas di SMK Negeri 1 Gelumbang untuk menghasilkan produk yang valid,praktis dan efektif. Model pengembangan Rowntree digunakan untuk memandu yang berisi tiga tahap, yaitu perencanaan, persiapan penulisan, dan penulisan dan penyuntingan. Tahap ketiga disebut juga dengan tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer (self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Agribisnis Ternak Ruminansia SMK Negeri 1 Gelumbang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, walkthrough, angket dan tes. Hasil penelitian terhadap validitas E-Modul oleh tiga orang validator didapatkan rerata 86,67 % sehingga dikategorikan sangat valid. Hasil uji kepraktisan E-Modul pada semua kelompok diperoleh rerata sebesar 83,81% pada tahap one to one dan 87,14 % pada tahap small group dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas E-Modul terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rerata N-gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Kesimpulan bahwa e-Modul yang dihasilkan valid, praktis dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 281-291.
Fonda, A., & Sumargiyani. (2018). The Developing Math Electronic Module withScientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro For XI Grade of Senior High School Students. Infinity Journal of Mathematics Education, 109-122.
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Amerika: American Educational Research Association (Division D), Measurement and Research Methodology.
Hakim, L. N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) untuk memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik di Rumah. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 239-250.
Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, S. K. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1-7.
Lestari, RT., Adi, EP., Soepriyanto, Y. (2018). E-Book Interaktif. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1(1) , 71-75.
Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-114.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, L. D. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 25-32.
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan ee_Modul Berbantuan Kvsoft Flipbook MakerBerbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 60-65.
Putra, K. W., Wirawan, I. M., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learing Pada mata Pelajaran "Sistem Komputer" untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Perndidikan Teknologi dan Kejuruan, 40-49.
Putri, P. (2019). Pengembangan Modul Digital Berbentuk Flipbook pada Materi Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi bagi Penyuluh Keluarga Berencana di Provinsi Sumatera Selatan. Palembang: Tesis.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Romayanti, C., Sudaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan e-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. ALOTROP Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 51-58.
Seruni, R., Munawarah, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip PDF Profesional. Jurnal Tadris Kimiya, 48-56.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Situmorang, M., Yustina, & Syafii, W. (2020). E-Module Development using Kvisoft Flipbook Maker through the Problem Based Learning Model to Increase Learning Motivation. Journal of Educational Sciences, 834-848.
Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 51-61.
Suarsana, M. I., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan e-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 264-275.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar e_Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perushaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Unesa, 1-9.
Tessmer, M. (2013). Planning and conducting formative evaluations. Routledge
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal, 147-156.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Kartika Kusuma Ariani, L.R Retno Susanti, Adeng Slamet
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)