DAYA TARIK PEMBELAJARAN DI ERA 21 DENGAN BLENDED LEARNING

Deklara Nanindya Wardani, Anselmus JE Toenlioe, Agus Wedi

Abstract


Proses pembelajaran di kelas secara tatap muka (face-to-face) telah kehilangan daya tariknya di era 21 ini. Hal itu terjadi karena sebagian siswa berpikir dengan perkembangan teknologi yang semakin luas, proses pembelajaran di era 21 dapat dilakukan secara online (e-learning). Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi (e-learning) tanpa harus meninggalkan pembelajaran secara tatap muka (face-to-face) haruslah ada strategi pengorganisasian pengajaran, penyampaian pengajaran, dan kualitas pegajaran yang tepat, yaitu dengan blended learning. Blended learning adalah model pembelajaran yang mengkombinasi keunggulan yang dimiliki model pembelajaran tatap muka (face-to-face) dengan model pembelajaran e-learning. Dengan blended learning interaksi dan komunikasi antar siswa dan antara guru dan siswa dapat terus berlangsung dan hal tersebut merupakan daya tarik pembelajaran di era 21.

Kata kunci: Pembelajaran Tatap Muka (face-to-face), E-learning, Daya Tarik Pembelajaran Era 21, Blended Learning


Full Text:

PDF

References


Degeng, I Nyoman Sudana. (1989). Ilmu

Pengajaran : Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Husamah. (2014). PEMBELAJARAN BAURAN

(BLENDED LEARNING) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lukman, L., & Wijaya, A. (2017). Pembelajaran

Menyenangkan Dalam E-learning (Klasiber) Pada Mahasiswa Pai Universitas Islam Indonesia. Millah:

Jurnal Studi Agama, (1), 127-146. Dari https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/52664743/Pembelajaran_Menyenangkan-Lukman.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1510717435&Signature=iquj%2BmMTZSFUo2PPLOKJhgvQTSA%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DPEMBELAJARAN_MENYENANGKAN_DALAM_E-LEARNING.pdf.

Nikmawati, Ika Syukrun. (2014). Korelasi Gaya

Belajar Siswa Kelas VII dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Durenan Trenggalek. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung. Dari http://repo.iain-tulungagung.ac.id/607/3/BAB%20II.pdf.

Sari, Milya. (2016). Blended Learning, Model

Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi.Ta'dib, Jurnal Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru, Universitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Deklara Nanindya Wardani, Anselmus JE Toenlioe, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.