MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN

M Bagus Ainun Najib, Punaji Setyosari, Yerry Soepriyanto

Abstract


Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran di dalam kelas dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, karena di dalam media tersebut terdapat perpaduan komponen media yang menarik seperti suara, gambar, video dan animasi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kerja siswa dan juga menyenangkan karena siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan media tersebut.Sehingga penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran di dalam kelas dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terdapat di dalam kelas. Penjumlahan dan pengurangan matematika pecahan yang berbeda penyebut adalah bagian dari materi pembelajaran matematika yang terdapat pada tingkat sekolah dasar. Sebagai dasar untuk menyamakan penyebut yang berbeda siswa harus memahami bilangan prima dan kelipatan persekutuan kecil (kpk). Selama ini siswa hanya diperkenalkan materi – materi tersebut melalui penjelasan guru yang terdapat pada papan tulis lalu mencatatnya di buku tulis tanpa mengetahui sendiri apa yang sedang dia pelajari. Sehingga yang terjadi adalah hasil belajar siswa mengalami penurunan karena konsep pengetahuan yang mereka tangkap masih bersifat abstrak. Untuk mengkonkretkan konsep pengetahuan yang tidak dapat secara langsung diterima oleh siswa atau bersifat abstrak maka, multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai salah satu solusi. Multimedia interaktif adalah salah satu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang menggabungkan elemen – elemen seperti teks, gambar, audio dan animasi. Melalui multimedia interaktif siswa dapat mempelajari sendiri tentang sesuatu yang akan mereka pelajari dan dapat mengkonkretkan konsep pengetahuan yang sulit mereka pahami.


Full Text:

PDF

References


Darmawan, S.(2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Heruman.(2013). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jnuszewski, Alan & Molenda, M.(2008). Educational Technology: A definition with commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Malik, S., & Agarwal, A. (2012). Use of multimedia as a new educational technology tool-A study. International Journal of Information and Education Technology, 2(5), 468

Mayer, E. R.(2009). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.

Purnomo, Y. W.(2015). Pembelajaran Matematika Untuk PGSD.Jakarta: Erlangga

Sidhu, M. S., Ramesh, S. 2006. Multimedia Learning Packages Design Issues And Implementation Problems. Malaysian Online Journal of Instructional Technology,3(1), 43 – 56. doi: https://www.researchgate.net/profile/Ramesh_Singh13/publication/240698703_Multimedia_Learning_Packages_Design_Issues_and_Implementation_Problems/links/0f31753353efc687dd000000.pdf

Sikabuden.(2011). Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russel, J. D. (2014). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson.

Stone, R. (2007). Cara – cara Terbaik Mengajarkan Matematika. Terjemahan oleh Suci Romadhona.(2009) Jakarta: PT Indeks.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8 (1), 83 – 98. doi: http://simpen.lppm.ut.ac.id/ptjj/PTJJ%20Vol%208.2%20september%202007/01-acesuryadi.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 M Bagus Ainun Najib, Punaji Setyosari, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats