APLIKASI ANDROID AL-AMTSAL (KISAH TELADAN) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL KISAH AL-QURAN DENGAN CERITA ANIMASI BAGI ANAK GENERASI ALFA

Nurul Istiqomatunnisa, Dedi Kuswandi, Anselmus JE Toenlioe

Abstract


Generasi Alfa merupakan generasi yang lahir setelah tahun 2010. Generasi tersebut lebih dikenal dengan Digital Native Nitizen lahir dan berkembang di era Internet. Anak-anak yang tumbuh pada generasi Alfa dalam kesehariannya tidak lepas dari penggunaan gadget, sehingga mempengaruhi mereka dalam aktifitas sehari-hari seperti gaya belajar hingga hubungan sosial. Untuk itu orangtua memiliki peranan penting dalam mendidik anak. Sebagai umat Islam, orangtua perlu mengenalkan nilai-nilai Al-Qur’an dengan cara menghafal dan mengenal kisah dibalik surat. Orang tua dapat mengajarkan anak tentang hafalan dan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi inovatif yang berjudul Al-Amtsal (Kisah Teladan). Tujuan pengembangan adalah menghasilkan aplikasi Al-Amtsal  yang valid dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Lee dan Owens, dengan langkah penelitian analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian dalam bentuk validasi ahli media diperoleh presentase 97,5%, dan ahli materi diperoleh presentase  85%. Hasil uji coba lapangan kepada siswa diperoleh presentase 90,4%. Sedangkan hasil uji efektifitas melalui uji hasil belajar siswa menunjukan bukti 12 siswa mencapai STPP/Tuntas atau sebesar 80%. Kesimpulan penelitian dinyatakan bahwa secara umum aplikasi android Valid dan Efektif sudah layak digunakan dan menunjukan efektifitas yang tinggi.

 Kata kunci :  aplikasi android , mengenal kisah Al-Qur’an, cerita animasi, generasi alfa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi Kedua). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Egeten, Eka dkk.2017. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Perkembangan Kognitf Anak Usia Prasekolah Di Desa Pakuweru Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan.(Online), https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/17865/17386 diakses 12 Februari 2018

Hendrawan.Metode Menghafal Al-Quran (Online) http://www.scribd.com/doc/ 7254 0488/Metode-Menghafal-Al-Quran. diakses 12 Desember 2017.

Owens, W. W. (2004). Multimedia based instructional design. second edition.

Kompas.com.(2017). Tantangan Untuk Orangtua Generasi Alfa, Generasi Paling Cerdas. http://biz.kompas.com/read/2017/01/31/080000428/tantangn.untuk.orangtua.generasi.alfa.generasi.paling.cerdas.

Subyantoro.(2007).Model Bercerita untuk meningktakan kecerdasan anak: Aplikasi rancangan Psikolinguistik. Semarang:Jurnal Humaniora vol 19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurul Istiqomatunnisa, Dedi Kuswandi, Anselmus JE Toenlioe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats