STUDI KASUS PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN HIDUP SISWA DI SMKN 6 MALANG

Bariyah Oktariska, Anselmus JE Toenlioe, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Behavioristik dalam proses belajar merupakan upaya membentuk perilaku yang diinginkan. Penerapan teori belajar behavioristik dalam menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup dilakukan dengan pemberian stimulus yang akan menghasilkan sebuah respons. Dalam proses belajar untuk menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup, SMKN 6 Malang menciptakan program-program sekolah yang mendukung visi dan misi sekolah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan teori belajar behavioristik dalam menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui (3) tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, display data, dan perumusan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan dua kriteria yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasilnya menunjukkan bahwa program sekolah untuk menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup pada siswa adalah program eco-mapping, program bank sampah sekolah dan program jumat bersih. Stimulus yang diberikan oleh personil sekolah meliputi pemberian contoh, nasihat dan peringatan, serta pemberian hadiah. Siswa merespons positif dan menghasilkan perubahan pola pikir siswa yang lebih mencintai lingkungan dan perubahan perilaku yaitu mengelola sampah secara bijak.


Full Text:

PDF

References


Baharuddin, J & Wahyuni, Esa Nur. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fajri, H.L., 2011. Efektivitas Teknik Behavior Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas X Di SMA Negeri 5 Malang. SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi-Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/BK-Psikologi/article/view/15152

Irwandi, S. 2016. Peran Sekolah dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Multi Situs Di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram Kota Nusa Tenggara Barat). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana UM.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI). 2017. (online), (https://kbbi.web.id), diakses pada 10 April 2017.

Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Mulyana, R., 2009. Penanaman etika lingkungan melalui sekolah perduli dan berbudaya lingkungan. Jurnal Tabularasa, 6(2), pp.175-180.

Mukminan. 1997. Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: P3G IKIP.

Pramono. A. 2011. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Program Sekolah Cuma-Cuma dan Memberdayakan Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus Di SMP Harapan I Dlanggu Mojokerto). Tesis tidak diterbitkan, Malang: Program Pasca Sarjana UM.

Saputro, D.E., 2015. Penerapan Teori Behavioristik Untuk Meminimalisir Penggunaan Handphone Pada Jam Pembelajaran 3 Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Karya Ilmiah Mahasiswa FKIP, 1(2). Dari http://jurnal-mahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkipbk/article/view/168

Sihkabuden. 2012. Handout dan Transparasi Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Soekadji, Soetarlinah. 1982. Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Libenti.

Soemanto, Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulang, Sulaiman. 2017. Pedoman Pengelolaan Bank Sampah Sekolah: Manajemen Bank Sampah BS6 Aksata SMKN 6 Malang. Surabaya: Pustaka Saga.

Suparni, Niniek. 1994. Pelestarian, Pengelolaan, dan Penegakan Hukum Lingkungan. Jakarta: Sinar Grafika.

Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Toenlioe, A.J.E. 2016. Cara Mendidik Versi Behavioristik. News Gloria, hlm. 19.

Tung, K.Y., 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: PT Indeks.

Uno, H.B., 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijana, Nyoman. 2014. Ilmu Lingkungan Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wkipedia Bahasa Indonesia. 2017. (online), (https://id.wikipedia.org/wiki), diakses pada 03 April 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bariyah Oktariska, Anselmus JE Toenlioe, Susilaningsih Susilaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats