PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SENI TARI JAWA TIMUR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARANGAN
Abstract
Multimedia interaktif adalah media pembelajaran gabungan dari teks, gambar, animasi, audio, dan video yang dapat dioperasikan sendiri oleh pengguna sehingga tercipta interaksi dua arah, yaitu antara pengguna dan media. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia interaktif seni tari jawa timur yang tervalidasi agar dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang diterapkan peneliti ialah model pengembangan Lee dan Owens (2004) dengan langkah-langkah pengembangan (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan dengan hasil validasi dari ahli media 91,25%, validasi ahli materi 97,5%, uji coba individu 93,75%, uji coba kelompok kecil 91,25%, uji coba kelompok besar 90,3%, dan tes hasil belajar 87,09%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Seni Tari jawa timur pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan layak dan efektif sebagai media pembelajaran secara mandiri. Sebelum mengoperasikan multimedia interaktif ini, sebaiknya user sudah mempelajari petunjuk penggunaan multimedia interaktif seni tari jawa timur. dan mampu mengoperasikan komputer. Sehingga dalam proses belajar menggunakan multimedia interaktif seni tari jawa timur ini dapat berjalan optimal atau sesuai yang diharapkan.
Kata kunci : pengembangan, multimedia interaktif, seni tari
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi III). Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran (cetakan 3). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdikbud. 1999. Konsep Pemdidikan Kesenian, Panduan teknis Sebagai Pelengkap Penataran Pendidikan Kesenian Bagi Guru Taman Kanak-kanak dan Guru SD di DKI Jakarta. Jakarta: Depdikbud
Kraus, Richard. 1969. History of The Dance In Art and education. New Jersey: Prentice Hall inc. Englewood Cliffs
Kusumastuti, Eny. 2014. Penerapan Model pembelajaran Seni Tari Terpadu pada siswa sekolah dasar, 1(1),7—16. Dari http://jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/
Lee, W.W., & Owens, D.L. 2004. Multimedia Based Instructional Design: Secend Edition. San Francisco: Pfeiffer.
Rusyana, Yus. 2000. Tujuan Pendidikan Seni. Gelar: Jurnal Ilmu dan Seni STSI Surakarta: STSI Press
Setyosari, P & Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Tim MGMP Seni Budaya Trenggalek. 2017. Seni Budaya dan Kesenian. Trenggalek: Tim MGMP Seni Budaya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sary Nur Handayani, Sihkabuden Sihkabuden, Henry Praherdhiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)