PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KARAWITAN SEBAGAI UPAYA MENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN DAN PELESTARIAN BUDAYA JAWA DI JENJANG SMA

Zainul Arifin, Saida Ulfa, Henry Praherdhiono

Abstract


Tujuan dari pengembangan ini mengembangkan kurikulum muatan lokal karawitan yang menjadi tolak ukur untuk mengajarkan cara bermain karawitan kepada siswa SMA sehingga dapat menjaga kelestarian lokal daerah serta mampu untuk meneruskan pada generasi berikutnya kebudayaan asli Indonesia agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan model pengembangan kurikulum Beauchamp’s System Model. Subjek penelitian pengembangan ini adalah SMAN 3 Nganjuk. Jenis data yang di gunakan adalah data kuantitatif (Instrumen ahli kurikulum, ahli materi) dan kualitatif (observasi dan wawancara).


Full Text:

PDF

References


Ardika, I. W. (2007). Pusaka Budaya Dan Pariwisata. Pustaka Larasan.

Arifin, Z. (2011). Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2000). Manajemen Kurikulum. Yogyakarta: Fip Uny.

Efendi, M. (2009). Kurikulum Dan Pembelajaran: Pengantar Ke Arah Pemahaman Kbk, Ktsp, Dan Sbi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130.

Jacobus, R. (2006). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Permana, R. (2011). Kawih Dalam Seni Samrah Di Desa Jelegong Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Makalah Tidak Diterbitkan. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Upi Bandung.

Praherdhiono, H. (2016). Standar Program Pengukuran Kenyamanan Lingkungan Belajar Berbasis Ergonomi. Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana Um.

Raharja, B. (2014). Pengembangan Konstruk Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Praktik Karawitan Jawa. Uny.

Sarwanto, S. (2016). Sekilas Tentang Perkembangan Pertunjukan Wayang Kulit Di Jawa Dari Masa Ke Masa Sebuah Tinjauan Historis. Lakon, 4(1).

Soedarsono, R. M. (1992). Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka.

Sumihardjo, T. (2008). Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Melalui Pengembangan Daya Saing Berbasis Potensi Daerah. Fokusmedia.

Thomas, W. P., & Collier, V. P. (2002). A National Study Of School Effectiveness For Language Minority Students’ Long-Term Academic Achievement.

Wibawa, S. (2007). Implementasi Pembelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal. Yogyakarta:“Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zainul Arifin, Saida Ulfa, Henry Praherdhiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats