MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH

Lailatus Shoimah, Sulthoni Sulthoni, Yerry Soepriyanto

Abstract


Rusaknya anak bangsa bisa diamati dari sopan santun siswa yang kini mulai memudar, dapat dilihat dari mereka berbicara terhadap sesama, terhadap guru bahkan orang tuanya, kata–kata kotor yang sepatutnya tidak diucapakan seringkali terlontar,  sifat tidak jujur, serta akhlak yang mulia pada diri anak yang sulit ditemui. Oleh karena itu, harus ada usaha dalam menangani bahkan mencegah kejadian – kejadian tersebut agar tidak menjadi budaya anak. Salah satu usaha yang dapa dilakukan yaitu dengan membiasakan anak untuk berbuatbaik. Pendidikan karakter di sekolah dapat dibentuk melalui pembiasaan-pembiasaan secara terprogram dan tidak terprogram melalui kegiatan rutin dan insidental. Pembiasaan – pembiasaan tersebut diharapkan munculnya nilai-nilai karakteryang tertanam pada diri anak.

 


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun, 2011. Revitalisasi Pendidikan Karakter Sekolah Dasar, Naskah PidatoPengukuhan Guru Besar. Malang: Universitas Negeri Malang. (Online), (http://library.um.ac.id), diakses tanggal 10 April 2018.

Akbar, S., Samawi, A., Arafik. Muh. & Hidayah, L. 2014. Model Pendidikan yang Baik (Studi Lintas Situs Best Practices) Pendidikan Karakter di SD. Sekolah Dasar, (Online), 100 -108, (http://journal2.um.ac.id) , diakses tanggal 5 Februari 2018.

Akbar, S., Samawi, A., Arafik, Muh. & Hidayah, L. 2015. Pendidikan Karakter : Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang.

Isnaini, M.,2013. Internalisasi Nilai – Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Al – Ta’lim, (Online), 20 (6); 445-450, (http://journal.tarbiyahiainib.ac.id), diakses tanggal 24 Februari 2018.

http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/ . Diakses Kamis, 26 April 2018.

Kementrian Pendidikan Nasional.2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter. Jakarta. (Online), (http://gurupembaharu.com/home/wp-content/uploads/downloads/2011/11/Panduan-Penerapan-Pendidikan-Karakter-Bangsa.pdf) diakses tanggal 25 Maret 2018.

Mansur, A. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (Online), (http://setkab.go.id), diakses pada tanggal 22 Februari 2017.

Samani, M. & Hariyanto. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulthoni. 2016. Penanaman Nilai – Nilai Budi Pekerti di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, (Online), 100 -108, (http://journal2.um.ac.id) , diakses tanggal 5 Februari 2018.

Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Kelembagaan IPTEK & DIKTI. (Online), (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id), diakses pada tanggal 22 Februari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lailatus Shoimah, Sulthoni Sulthoni, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.