PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY VIDEO SEBAGAI SUPLEMEN PADA MODUL BAHASA ISYARAT

Novi Dwi Hapsari, Anselmus J. E Toenlioe, Yerry Soepriyanto

Abstract


Pembelajaran menggunakan media modul terkadang masih membuat pebelajar kesulitan dalam memahami materi pada modul tersebut. Apalagi jika materi yang terdapat dalam modul berupa demonstrasi yang membutuhkan penjelasan lebih dari sekedar gambar. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan pada modul bahasa isyarat adalah gambar yang menunjukkan cara membentuk sebuah isyarat. Untuk membuat sebuah isyarat diperlukan beberapa gerakan tangan dan badan. Namun, tidak semua orang bisa mengikuti dengan baik apa yang tergambar di dalam modul. Karena hal tersebut, maka tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa Augmented Reality yang valid untuk dijadikan suplemen pada modul bahasa isyarat. Penanda yang disebut marker, diletakkan pada bagian gambar demonstrasi sebuah isyarat. Pebelajar yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pada modul akan  mengarahkan kamera (detektor marker) pada smartphone, kemudian penjelasan tentang bagian yang dipindai tersebut akan muncul dalam bentuk video. Terdapat tiga tahap penyelesaian dalam pengembangan ini berdasarkan model pengembangan Lee & Owens. Hasil dari pengembangan ini berupa aplikasi augmented reality sebagai suplemen pada modul bahasa isyarat yang valid dengan perolehan hasil validasi ahli media sebesar 96,25%, ahli materi sebesar 92,5% dan audiens sebesar 88,02%.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. dan Darmawan, D. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ardhana, Wayan. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Fakultas Ilmu Pendidikan. 2016. Katalog 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan (Pendidikan Luar Biasa). Malang

Jatmiko, P. D., Wijayanti, A., Susilaningsih. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. (online), Jurnal Edcomtech, vol. 1(2), 153-156, (http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1803), diakses pada 18 Juli 2018

Klopfer, E. 2008. Augmented Reality: Research and Design of Mobile Educational Games. Massachusetts: The MIT Press.

Koumi, J. 2006. Designing Video and Multimedia for Open and Flexible Learning. London: Routledge.

Lazuardy, Senja. 2012. Augmented Reality: Masa Depan Interaktivitas. Kompas Tekno, (online), (https://tekno.kompas.com/read/2012/04/09/12354384/Augmented.Reality.Masa.Depan.Interaktivitas), diakses pada 16 April 2018

Lee, W. W. & Owens, D. L. 2004. Multimedia Based Instructional Design Second Edition. San Francisco: Pfeiffer.

Mardikaningsih, A. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) Mata Pelajaran Fisika Materi Sistem Tata Surya untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana TEP UM.

Prasetiyo, T. K., Setyosari, P., Sihkabuden. 2017. Pengembangan Media Augmented Reality untuk Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan. (online), Jinotep, vol. 4(1), 37-46, (http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2391), diakses pada 18 Juli 2018

Riyana, C. 2006. Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran. (online), (https://chepy.files.wordpress.com/2006/08/peran-teknologi.pdf), akses 15 Maret 2018

Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. S., Rahardjo R., Haryono A., Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan ke-13. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soepriyanto, Y. dan Rahmatullah, B. 2016. Pengembangan Video Termediasikan Augmented Reality sebagai Electronic Performance Support System dalam Pembelajaran. (online), Jurnal Edcomtech, vol. 1(2), 111-117, (http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1806), diakses pada 18 Juli 2018

Soepriyanto, Y., Sulthoni, Ulfa, Saida. 2017. Pengembangan Augmented Reality sebagai Electronic Performance Support System dalam Pembelajaran. (online), Jurnal Edcomtech, vol. 2(1), 1-10, (http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2071/1217), diakses pada 18 Juli 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novi Dwi Hapsari, Anselmus J. E Toenlioe, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats