PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTS PUTRI NURUL MASYITHOH LUMAJANG

Siti Rohmawati, Sihkabuden Sihkabuden, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Pendekatan saintifik digunakan pada kurikulum 2013. MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang berada dibawah naungan Yayasan Nurul Masyithoh Lumajang. Sekolah ini menggunakan kurikulum 2013 dan pendekatan saintifik sebagai acuan untuk pembelajaran. Penelitian ini mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel penelitian merupakan guru mata pelajaran IPA, serta siswa kelas VIIIA, dan VIIIB. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, pengumpulan angket, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : Perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di MTs Putri Nurul Masyithoh memperoleh presentase sebesar 100%  dikategorikan dengan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di MTs Putri Nurul Masyithoh memperoleh presentase 85% dikategorikan dengan sangat baik. Penilaian pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di MTs Putri Nurul Masyithoh memperoleh presentase 88,89% dikategorikan dengan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MTs putri nurul masyithoh lumajang telah terlaksana dengan sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Lutfiyah, Siti, dkk. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Teks Diskusi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. (Online) Vol 3. No. 1.

Maduretno, DKK., 2016. Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Learning Cycle Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. JPFK, 2(1).

Majid, A., & Rochman, C. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maknuunah, L. 2018. Analisis pembelajaran bela diri militer di sman taruna nala jawa timur terhadap sudut pandang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia. (Online) Vol 4. No.2.

Maulidina, M, A. 2018. Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi PembelajaranPendidikan dan Sastra Indonesia. (Online) Vol 4. No. 2.

Mulyasana, D. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti, & Hidayat, S. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tursinawati. 2016. Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4).

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Marzoan. 2014. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. (Online) Vol 1. No.1 Oktober.

Permendikbud. 2013. Undang-Undang Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Permendikbud

Zainuddin. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Anjir Pasar Barito Kuala Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. (Online) Vol 4. No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Rohmawati, Sihkabuden Sihkabuden, Susilaningsih Susilaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats