PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN 1 PAKUNDEN KABUPATEN PONOROGO

Handaruni Dewanti, Anselmus JE Toenlioe, Yerry Soepriyanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengembangkan media Pop-Up Book untuk pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV di SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh menunjukkan bahwa selama ini penyampaian materi dalam suatu tema kurang maksimal. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang konsentrasi dan sering tidak memperhatikan penjelasan dari materi yang disampaikan oleh guru. Dari kondisi tersebut, dapat disebabkan karena guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang selalu monoton dan kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Guru hanya menggunakan peta Indonesia sebagai media pembelajaran pada subtema Lingkungan Tempat Tinggalku, sehingga siswa kekurangan pengetahuan khususnya tentang lingkungan tempat tinggal mereka, karena mereka belum pernah melihat peta Ponorogo secara langsung.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang dikembangkan oleh Dick & Carey yang terdiri atas 10 langkah, yaitu: (1) analisis kebutuhan dan tujuan; (2) analisis pembelajaran; (3) analisis pembelajar dan konteks; (4) merumuskan tujuan performansi; (5) mengembangkan instrumen; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif; (9) melakukan revisi;dan (10) evaluasi sumatif (Setyosari, 2013:230-235).
Kajian produk berdasarkan hasil validasi media kepada validator, diperoleh presentase 95.71% dari validasi ahli media, 94.93% dari ahli materi, 95.17% dari ahli pengguna (guru), dan 95% dari uji coba pengguna (siswa). Hasil validasi secara keseluruhan yaitu 95.20% dengan kriteria Sangat Valid, maka media ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Tematik pada sutema Lingkungan Tempat Tinggalku.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Lingkungan Tempat Tinggalku


Full Text:

PDF

References


Afifah, Lilis. 2018. Media Buku Pop Up Untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman. Jurnal. Portal Jurnal Elektronik UM: Jurusan Sastra Jerman-UM.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Benardi, Andi Irwan. 2017. Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor Untuk Siswa Anak Usia Dini Dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Jurnal. Portal Jurnal Elektronik UM: Jurusan Pendidikan Geografi: UM.

Bluemel & Taylor. 2012. Pop-up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC.

Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?.Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id). Diakses 15 Januari 2018.

Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. 2009. Strategi BelajarMengajar. Bandung: Refika Aditama.

Fazariya, Nurlaely. 2016. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Bulukerto 02 Batu. Skripsi. PGSD-UM

Nazaruddin, Mohammad Arief dan Mohammad Efendi. 2018. The Book of Pop Up Augmented Reality to Increase Focus and Object Recognition Capabilities for Children with Autism. Jurnal. Portal Jurnal Elektronik UM: UB-UM.

Sadiman, Arif S. 2010. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Setyosari, Punaji. 2015.Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Media Group.

Sudijono, Anas. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sumanto & Seken, I Made. 2012. Modul Pengembangan Materi Umum: Media Pembelajaran SD. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang.

Yuniarti, Indah. 2012. Perancangan Pop-Up Book “Ayo Mengenal Pancasila”. Skripsi. DKV-UM

Yusuf, Wisnu Lazuardi. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan: Jurusan Teknologi Pendidikan-UM.

Sinambela, M. Bashoirul W. 2018. Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Realit. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan: Jurusan Teknologi Pendidikan-UM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Handaruni Dewanti, Anselmus JE Toenlioe, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats