Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Rizki Alamsyah, Anselmus JE Toenlioe, Arafah Husna

Abstract


Materi pembelajaran perlu dirancang secara sistematis, dengan cara memberdayakan teknologi pembelajaran dan media pembelajaran di kelas, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Untuk itu diperlukan penggunaan media pembelajaran yang dapat membantu dosen dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan video pembelajaran mata kuliah teknologi kepenyiaran temaproduksi program televisi yang valid dan efektif. Pengembang media ini menggunakan model pengembangan dari Lee dan Owens, diantaranya terdapat 5 tahap pendekatan penelitian dan pengembangan, yaitu (1) Assesment/analysis (analisis); (2) Design (Desain); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementaion (Penerapan); (5) Evaluation (Evaluasi). Audiens dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, jumlah populasi mahasiswa dalam penelitian ini adalah 51 orang yang terbagi dalam 3 kelas. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media diperoleh presentase 93,75% sedangkan hasil validasi yang diperoleh dari ahlimateri diperoleh presentase 80%. Hal ini menujukan bahwa aplikasi ini dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil dalam penelitian ini diperoleh presentase 77,67% dan 78,75%. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan secara umum media video pembelajaran ini sudah layak digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainul. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. EDCOMTECH, 1 (1), 9-20.

Arsyad, Azhar 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darojat, Achmad. (2016).Pengembangan Multimedia Pembelajaran Intraktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII SMP.JINOTEP, 2(2), 297-301

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dick, Walter, Carey, Lou, & Carey James O. 2005. The Systematic Design of Instruction. Boston: Allyn and Bacon, Permissions Departemen.

Johnson, B Elaine. 2009. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikan dan Bermakna Terjemah:Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Centre

Lee, W. W., & Owens, D. L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design. San Fransisco: Pffeifer.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat Gaung Persada Pers.

Prasetiyo, T,K., Setyosari ,P., Sihkabuden. (2017). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Program Keahlian Gambar Bangun di Sekolah Menengah Kejuruan. JINOTEP, 1 (4), 37-46

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, S Arief, (dkk). 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sihkabuden. 2011. Media Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Warsihna, Jaka. 2009. Pembuatan Media Video. Jakarta: Depdiknas, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Wibowo, Fred. 2007. TeknikProduksi Program Televisi. Yogyakarta :Pinus Book Publisher


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizki Alamsyah, Anselmus JE Toenlioe, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats