Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang

Lukman Arief Novianto, I Nyoman Sudana Degeng, Agus Wedi

Abstract


Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan  produk multimedia interaktif yang valid dan efektif untuk mata pelajaran IPA materi sistem transportasi dan respirasi kelas VIII di SMP Wahid Hasyim Malang. Model pengembangan multimedia interaktif ini mengadaptasi model pengembangan Lee Owens (2004). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dari 1 ahli media, 1 ahli desain, 1 ahli materi, dan 26 siswa. data dianalisis dengan teknik kuantitatif & kualitatif. Hasil pengembangan multimedia interaktif dinyatakan valid dan efektif dengan hasil dari ahli media 95%, ahli desain 92,5%, ahli imateri 97,5%, uji coba perseorangan 95%, uji coba kelompok kecil 93,75%, uji coba lapangan 91,82%, dan hasil tes hasil belajar dengan presentase 86,73%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lukman Arief Novianto, I Nyoman Sudana Degeng, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats