Game edukasi termasuk kedalam jenis dari multimedia. Media ini yang memiliki kelebihan dalam penyampaian materi pembelajaran. Dalam penyampaian materi, game edukasi membuat pembelajaran tersebut menjadi sebuah permainan dimana peserta didik belajar ketika mereka berhadapan atau menemukan misi, tantangan, dan hambatan didalam game edukasi. Tujuan penelitian ini membuat produk game edukasi yang menarik bagi pebelajar dan memberikan motivasi dalam sebuah pembelajaran, sehingga tujuan dalam pembelajaran tercapai tanpa membuat penggunanya bosan. Multimedia game edukasi ini ditujukan pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar pada Tema 6 tentang “Panas dan Perpindahannya “ tentang “Makanan Khas dari berbagai macam Daerah-Daerah di Indonesia”. Metode penelitian ini menggunakan Multimedia-Based Instructional Design. Berdasarkan hasil validasi, game edukasi dapat dikatakan valid dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran. Pada uji coba yang dilakukan media ini dikatakan cocok atau tepat untuk digunakan dalam pembelajaran. Dalam game edukasi atau game pembelajaran beberapa kelebihan seperti menarik dan memberi motivasi dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga tidak bosan dan merasa senang ketika belajar.
Alessi, Stephen M. & Trollip Stanley R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development 3rd. Massachusetts: A Pearson Educational Company.
Arsyad, A. (2000). Media Pengajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Laghos, A. (2010). Multimedia Games for Elementary/Primary. World Academy of Science, Engineering and Technology.
Lee, William W. & Owens, Diana L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.
Mayer, R. E. (1997). Multimedia Learning: Are we asking the right question ? Educational Psycholigist.
Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Noemí, Peña Miguel & Máximo, Sedano Hoyuelos . (2014). Educational Games for Learning. Universal Journal of Educational Research 2(3): , 230-238.
Panggayudi, D. S. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya Untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 255 – 266.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidiyah.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Setyosari, Punaji & Sihkabuden. (2005). Media pembelajaran. Malang: Elang Mas.
Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Malang, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM Vol. 1, No. 1, ISSN: 2502-3470.
Publisher Address: Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id