PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL TOPOLOGI JARINGAN UNTUK SMK KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Muchammad Azwar Anas, Yerry Soepriyanto, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Kurikulum 2013 telah dirancang dan dikembangkan untuk menjawab tantangan zaman. Pada pelaksanaannya seringkali sekolah belum dapat menerapkan secara optimal. Kurangnya media pembelajaran yang memanfaatkan komputer merupakan satu dari beberapa penyebabnya. Ketersediaan fasilitas harusnya dapat dimanfaatkan agar pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan yang ditujukan pada kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Metode penelitian yang dipilih pada penelitian ini adalah Research and Development (metode penelitian dan pengembangan) dengan model pengembangan Multimedia Based Instructional Design. Dalam uji validasi AhligMaterigdan Media menilai Multimedia Tutorial Topologi Jaringan layak digunakan untuk pembelajaran. Nilai rata-rata ahliomateripdan media adalah 4,45 dan 4,9 dari rata-rata nilai tertinggi adalah 5. Dalam uji coba Multimedia Tutorial Topologi Jaringan mendapatkangnilai yang cukup baik, dari 24 siswa diperoleh rata-rata keseluruhan jawaban audiens berjumlah 3,2 dari total rata-rata yang jawaban yang diharapkan 4,00. Sehingga diperoleh hasil bahwa multimedia tutorial layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Alessi S. M. , Trollip S. R. . (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachusetts: A Pearson Education.

Anderson, John R. & Bower, G.H. (1980). Human Associativer Memory. Canada: Psychology Press.

Antika, R. R. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning. Jurnal Universitas Airlangga, 251-263. Diambil kembali dari http://journal.unair.ac.id/filerPDF/bk21a95d451ffull.pdf

Darmawan, D. (2013). Teknologi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lee, William W. & Owens, Diana L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.

Lieu, D. K. (1999). Using interactive multimedia computer tutorials for engineering Graphics education. Journal for Geometry and Graphics Volume. 3., 85-91. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/228710558_Using_interactive_multimedia_computer_tutorials_for_engineering_Graphics_education

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning - Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Meitantiwi E. Y. , Masykuri M., Nurhayati N.D. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tutorial. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 59-67. Diambil kembali dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5111

Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Paivio, A. (2006). Dual Coding Theory and Education. Michigan: The University of Michigan School.

Sanaky, H. A. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sriadhi S, Gultom S, Restu R, dan Simarmata J. (2017). The Effect of Tutorial Multimedia on the Transformator. International Symposium on Materials and Electrical Engineering (ISMEE). doi:10.1088/1757-899X/384/1/012059

Vrtačnik M. , Sajovec M. , Dolničar D. , Pučko R C. , Glazar A. & Brouwer , N. Zupančič. (2000). An Interactive Multimedia Tutorial Teaching Unit and its Effects on Student Perception and Understanding of Chemical Concepts. Westminster Studies in Education, 91. doi:10.1080/0140672000230109

Wigati S , Rahmawati D S , Widodo S A. (2018). Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasia Ki Hadjar Dewantara untuk Materi Integral di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia (hal. 810-813). Yogyakarta: Journal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Diambil kembali dari http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2422/1383


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muchammad Azwar Anas, Yerry Soepriyanto, Susilaningsih Susilaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats