PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ADAPTASI DAN CARA BERKEMBANG BIAK MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Perkembangan pada pendidikan yang cepat menuntut setiap orang untuk berinovasi demi mengimbangi hal tersebut. Maka dari itu, video pembelajaran IPA ini merupakan sarana pembelajaran dengan memanfaatkan keunggulan aplikasi sebagai pengolahannya. Video pembelajaran dalam penggunaannya sesuai dengan prosedur yang diatur dalam petunjuk pemanfaatan media berdasar RPP yang telah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video IPA adaptasi dan cara berkembang biak pada makhluk hidup yang nantinya dapat mempermudah proses belajar para siswa. Melalui pengembangan video ini siswa lebih memahami mengenai materi adaptasi dan berkembang biak. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Sadiman. Dalam penerapanya, Ahli Materi dan juga Ahli Media menilai bahwa video pembelajaran ini layak diterapkan pada proses pembelajaran. Dalam uji coba kelompok kecil video pembelajaran ini dikatakan valid dan layak untuk diterapkan. Kehadiran media video pembelajaran ini juga dapat mempermudah para guru guna mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian , video pembelajaran yang di terpakan pada materi adaptasi dan cara berkembang biak makhluk hidup mampu menjadi solusi bagi para pendidik untuk mempermudah proses belajar mengajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, A. 2011.Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
BNSP. 2006. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Mayer, R.E. 2009. Multimedia Learning.Terjemahan Teguh Wahyu Utomo. Tanpa Tahun. Yogyakarta: PustakaBelajar
Novianti, Dian. 2013. Pengembangan Modul IPA Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada Kelas V Sekolah Dasar. (online). http://karya- ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/artic le/view/25521, diakses 22 Agustus 2018
Piaget, J.&BarbelInhelder, PsikologiAnak, Terj. Miftahul Jannah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Cet. 1, 2010.
Prastowo, A. 2013.Pengembangan Bahan Ajar Tematik.Jogjakarta:DIVA Press
Sadiman, A.S., Rahardjo R., Haryono A., Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan ke-13. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Setyosari, P. danSihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas
Sihkabuden. 2011. Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang
Tiari, Dinar Arena. 2012. Peningkatan Pengetahuan tentang Penyesuaian diri Makhluk Hidup dengan Menerapkan Make A Match. (online). https://eprints.uns.ac.id/11961/1/1529- 3419-1-PB.pdf, diakses 1 Agustus 2018
UniversitasNegeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Biro Administrasi
Utari, R. (2011). Taksonomi Bloom. Apa dan bagaimana menggunakanya?
Wikipedia. 2019. Perubahan Wujud Zat. (online). https://id.wikipedia.org/wiki/Adaptasi, diakses 11Desember 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nadhif Nashrullah, Sulton Sulton, Yerry Soepriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)