PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ADAPTASI DAN CARA BERKEMBANG BIAK MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Nadhif Nashrullah, Sulton Sulton, Yerry Soepriyanto

Abstract


Perkembangan pada pendidikan yang cepat menuntut setiap orang untuk berinovasi demi mengimbangi hal tersebut. Maka dari itu, video pembelajaran IPA ini merupakan sarana pembelajaran dengan memanfaatkan keunggulan aplikasi sebagai pengolahannya. Video pembelajaran dalam penggunaannya sesuai dengan prosedur yang diatur dalam petunjuk pemanfaatan media berdasar RPP yang telah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan  video IPA adaptasi dan cara berkembang biak pada makhluk hidup yang nantinya dapat mempermudah proses belajar para siswa. Melalui pengembangan video ini siswa lebih memahami mengenai materi adaptasi dan berkembang biak. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Sadiman. Dalam penerapanya, Ahli Materi dan juga Ahli Media menilai  bahwa video pembelajaran ini layak diterapkan  pada proses pembelajaran. Dalam uji coba kelompok kecil video pembelajaran ini dikatakan valid dan layak untuk diterapkan. Kehadiran media video pembelajaran ini juga dapat mempermudah  para guru guna mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian , video pembelajaran  yang di terpakan pada materi adaptasi dan cara berkembang biak makhluk hidup mampu menjadi solusi  bagi para pendidik untuk mempermudah proses belajar mengajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, A. 2011.Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

BNSP. 2006. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Mayer, R.E. 2009. Multimedia Learning.Terjemahan Teguh Wahyu Utomo. Tanpa Tahun. Yogyakarta: PustakaBelajar

Novianti, Dian. 2013. Pengembangan Modul IPA Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada Kelas V Sekolah Dasar. (online). http://karya- ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/artic le/view/25521, diakses 22 Agustus 2018

Piaget, J.&BarbelInhelder, PsikologiAnak, Terj. Miftahul Jannah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Cet. 1, 2010.

Prastowo, A. 2013.Pengembangan Bahan Ajar Tematik.Jogjakarta:DIVA Press

Sadiman, A.S., Rahardjo R., Haryono A., Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan ke-13. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Setyosari, P. danSihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas

Sihkabuden. 2011. Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Tiari, Dinar Arena. 2012. Peningkatan Pengetahuan tentang Penyesuaian diri Makhluk Hidup dengan Menerapkan Make A Match. (online). https://eprints.uns.ac.id/11961/1/1529- 3419-1-PB.pdf, diakses 1 Agustus 2018

UniversitasNegeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Biro Administrasi

Utari, R. (2011). Taksonomi Bloom. Apa dan bagaimana menggunakanya?

Wikipedia. 2019. Perubahan Wujud Zat. (online). https://id.wikipedia.org/wiki/Adaptasi, diakses 11Desember 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nadhif Nashrullah, Sulton Sulton, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats