PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DENGAN SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) KELAS VII SMP NEGERI 3 MALANG

Dwi Risdyanti, Dedi Kuswandi, Saida Ulfa

Abstract


Dalam rangka penerapan kurikulum 2013 dengan SKS jenjang pendidikan menengah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPA, kendala dan solusi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan SKS kelas VII program 4 semester. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keaslian data yang menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data berikut meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan: (1) SMP Negeri 3 Malang telah  melaksanakan pembelajaran IPA sesuai dengan RPP yang mengacu pada Kurikulum 2013 dengan SKS. Pembelajaran lebih mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik dalam mempercepat proses belajar. (2) kendala yang timbul dalam melaksanakan pembelajaran IPA yaitu penyampaian materi oleh guru masih bersifat umum belum spesifik. (3) Peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dengan SKS dapat dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan workshop, diklat dan pelatihan-pelatihan lain. Pelaksanaan pembelajaran IPA dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan SKS siswa kelas VII 4 semester sudah baik dilakukan oleh guru IPA


Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayad, A.S. (2015). Kekreatifan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 01 Gabus Pati. (Unpublished master’s skripsi jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan) Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Mardiana, S. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Metro. Jurnal HISTORIA 5 (1) : 45-54. Dari http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/sejarah/article/view/732

Mastur. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 4 (1): 50-64. Dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp /article.

Moleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muhammedi. 2016. Perubahan Kurikulum Di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Jurnal Raudhah 4 (1): 49-70. Dari http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/download/61/40

Muhlis, A. 2011. Pengembangan Pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester di MTS Negeri Sumber Bungur Pamekasan. Jurnal Nuansa 14 (1): 139-184. Dari http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/nuansa/article/download/1317/941

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi;

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

Pertiwi, C. P. 2015. Analisis Penerapan Program Sistem Kredit Semester (Sks) Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sains 3 (3). Dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/13044

Prabowo, S.A. (2015). The effectiveness of scientific based learning toward science process skill mastery of PGSD student. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4 (1): 15-19.

Rahayu, Y. M. 2016. Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Logika 8 (3): 22-42. Dari http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/download/216/139

Rostika, D. 2016. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Sistem Kredit Semester. Jurnal Manajemen Pendidikan 25 (2): 191-199. Dari http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/JMP-Edisi-September-2016-vol-25-no-2-sep-2016_p074-090.pdf

Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA yang efektif dan Menyenangkan bagi siswa. Jurnal Stain Kudus 4 (1). Dari journal.stainkudus.ac.id

Supriyanto, E. 2017. Pemenuhan Kebutuhan Stakeholder Melalui

Pendesainan Kurikulum Madrasah Berbasis Sks. Jurnal Unimma 9 (2): 35-46. Dari http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1787




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Risdyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats