BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Tsuwaybah Al Aslamiyah, Punaji Setyosari, Henry Praherdhiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri malang saat diterapkan blended learning. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan persentase. Subjek penelitiannya yaitu mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2016 sebanyak 96 responden. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan angket kuesioner dalam bentuk pernyataan dan skala yang dipakai adalah skala likert. Hasil menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemandirian belajar mahasiswa berada pada kategori positif. Hasil analisis pada tiap indikator variabel kemandirian belajar berada pada kategori positif. Diantara hasil dari tiap indikator yaitu : 1) ketidaktergantungan terhadap orang lain persentase hasilnya adalah 78,2%, 2) memiliki kepercayaan diri persentase hasilnya adalah 75,4%, 3) berperilaku disiplin persentase hasilnya adalah 74,3 %, 4)  memiliki rasa tanggung jawab persentase hasilnya adalah 77,6 %, 5) berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri hasil persentasenya adalah 74,8 %, dan 6) melakukan kontrol diri hasil persentasenya adalah 76,4 %. Dengan menggunakan blended learning mahasiswa lebih dimudahkan dalam proses pembelajarannya.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Unggul. Jurnal Psikologi. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/126664-ID-hubungan-antara-kontrol-diri-dan-perilak.pdf

Chaeruman, U. A. (2018). Pengembangan Model Desain Sistem Pembelajaran. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia.

Damayanty, D. Y. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Numerik, Kecerdasan Emosi dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Garuda. Retrieved from http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/907298

Edukasi,W. (2017). Definisi dan Konsep Blended Learning. Retrieved February 12, 2019, from Wawasan Edukasi website: http://www.wawasan-edukasi.web.id/2017/03/definisi-dan-konsep-belajar-blended-learning.html

Hidayati, K., & Listyani, E. (2007). Improving Instruments of Student’s Self Regulated Learning. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta Retrieved from http//staffnew.uny.ac.id/ipload/132296141/penelitian/Pengembangan+Instrumen.pdf

Ismaniati. (2015) Model blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Daya Tarik dalam Perkuliahan. Jurnal penelitian Ilmu Pendidikan. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/8269/6904

Kurniawati, D. (2010). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Cooperatif Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa SMP N 2 Sewon Bantul. UNY. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/9567/NIM2008108247088.pdf

Novitasari, Y. Pramono, E. A. Praherdhiono, H. (2018). Respons Afektif Pebelajar Terhadap Pemberian Tugas Pada Pembelajaran Blended Learning. Garuda. Retrieved from http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/774646

Praherdhiono, H. (2017). Komunitas Blended Learning. Academia. Retrieved from https://www.academia.edu/33310232/KOMUNITAS_BLENDED_LEARNING

Praherdhiono, H. (2017). Pembelajaran Berbasis Komputer. Academia. Retrieved from https://www.academia.edu/33916075/Pembelajaran_Berbasis_Komputer

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2103/1239

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surahman, E. (2017). Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/9723/9311

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Thoken, F. (2014). Analisis Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Kemala Bhayangkari Sungai Raya. Jurnal Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tsuwaybah Al Aslamiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats