PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MATA PELAJARAN IPA BAB SIKLUS AIR DAN PERISTIWA ALAM SEBAGAI PENGUATAN KOGNITIF SISWA

Tri Wahyu Ningtiyas, Punaji Setyosari, Henry Praherdiono

Abstract


Media pop-up book merupakan opsi media yang dapat dikembangkan untuk memberikan variasi pembelajaran. Penelitian pengembangan ini berujud untuk membuktikan bahwa media pop-up book yang dikembangkan valid dan layak membantu sepanjang proses pembelajaran di SD Tegal Besar 1 Jember. Model pengembangan yang diaplikasikan pada observasi ini adalah model Dick & Carey. Produk pengembangan ini dikatakan valid dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli media sebesar 96,59%, dari ahli materi sebesar 97,36%, dan angket responden sebesar 98,14%. Selain itu berlandaskan hasil uji coba siswa saat media belum diimplementasikan dan setelah menggunakan media didapati pertambahan rata-rata sebesar 40,37%. Siswa juga merasa senang sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Siswa menjadi mudah diatur dan lebih fokus terhadap materi yang disajikan. Bersumber pada hasil pengembangan, alat bantu yang dikembangkan memberikan imbas pada hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewanti, Handaruni. 2018. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Skripsi

Djaali, H. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dzuanda, B. (2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatotkaca”. Skripsi). Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., Simamora, A. H., & SE, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal EDUTECH Undiksha, 9(2). Retriefed From https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/14728

Mustofa, R., & Syafi'ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Pokok Kenampakan Permukaan Bumi pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 1 Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2). Retriefed From http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1723

Ni’mah, Na’ilatun. 2014. Efektifitas Penggunaan Media Pop-Up dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis Siswa Kelas IX SMA Negeri 1 Mertoyudan Magelang. Skripsi. FBS-UNY

Permana, E. P., & Sari, Y. E. P. (2018). Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, 2(1). Retriefed From https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/13127

Sari, S. A. (2017). The Development of Pop-up Book on the Role of Buffer in the Living Body. European Journal of Social Science Education and Research, 4(4), 213-221. Retriefed From http://journals.euser.org/index.php/ejser/article/view/2430

Setyawan, D., & Usada & Mahfud, H. (2014). Penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2(11), 1-5. Retriefed From https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3986

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Simki Pedagogia, 1(08). Retriefed From http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/5ee12721ce5cc0d9ddc2f1e33ed818c3.pdf

WIDIA KUSUMA, R. A. N. I. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Pada Pelajaran IPA Materi Pemuaian Untuk Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Gondang Tulungagung. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(1). Retriefed From https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/22082




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 tri wahyu ningtiyas, punaji setyosari, Henry Praherdiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats